Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711191

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 2 TA 2017/2018

30 Juli 2018

17711191

Station Feedback
KOMUNIKASI ok
PEMASANGAN EKG ICS atau SIC Humaira? Tidak memberikan gel pada bagian yang akan dipasang elektroda. cara memasang sadapan di tangan kanan tidak tepat, logam berada dimedial ya Humaira, bukan disisi samping begitu, kalau seperti itu apa yang direkam? tidak menghubungkan instrumen EKG ke stop kontak. tidak meminta pasien untuk tidak bergerak selama perekaman dilakukan. Tidak membersihkan permukaan kulit dan elektroda dengan alkohol.
PEMASANGAN KATETER Korentangnya jgn dipakai untuk menjepit bagian/alat yg tdk steril ya. Siapkan kassa juga, jgn ambil kassa dari tempatnya lgs dgn pinset. Desinfeksi dlu baru pakai duk steril. Desinfeksi itu dr daerah dalam ke luar ya, jgn terbalik. Jgn pegang2 kateter steril sambil mempersiapkan gel. Terus setelah diambil knp tdk dipakai?
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL belum meminta pasien utk mengosongkan kandung kemih. belum inspeksi costovertebra dan suprapubik. . perkusi 4 kuadran sebaiknya 3 titik tiap kuadran. teknik menentukan batas kanan hepar salah. harusnya pasien tdk usah tarik napas. perkusi lien cukup di SIC terakhir lalu diminta tarik napas. belum palpasi lien. blm periksa nyeri ketok ginjal.
PEMERIKSAAN FISIK LEHER tdk mempersiapkan stetoskop untuk melakukan auskultas, tdk melakukan inspeksi saat melakukan inspeksi tangensial tidak meminta pasien menelan, tidak meminta pasien pada posisi relaks dan ekstensi, tdk melakukan auskultasi tiroid, posisi jari terlalu keatas saat palpasi untuk tiiroid belakang dalam posisi menelan. tonsila dan submandibula lokasi salah,
PEMERIKSAAN FISIK THORAX apakah mau periksa hepar? di informed consent kok mau periksa hepar. Auskultasi thorax anterior tidak dilakukan. batas paru kanan? paru kiri? kyknya itu batas jantung dek.. hehe.. inspeksi dan palpasi iktus cordis tidak dilakukan. Auskultasi ictus cordis pake corong ya dek. akhirnya ingat untuk auskultasi thorax posterior.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN pemeriksaan tensi: penurunan air raksanya kurang cepat ya dek (masih lambat) kasian pasiennya kemeng. pasien juga tidak nyaman karena di tensi beberapa kali. hasil TD 130/90, tensinya sudah tidak normal ya dek kenapa kesimpulannya normal?? coba di baca lagi teorinya. saat melaporkan hasil nadi, respi dan suhu sudah kehabisan waktu. pelaporan nadi tidak hanya berapa kali permenit tetapi juga perlu dilaporkan
ritme, kualitas nadi, regularitas & pelaporan nafas juga tidak hanya
berapa kali permenit tetapi juga perlu dilaporkan ritme, kedalaman
nafas, regularitas dan tipe nafas. tidak cuci tangan sesudah tindakan.
Download PDF