Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711174

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 2 TA 2017/2018

30 Juli 2018

17711174

Station Feedback
KOMUNIKASI sebetulnya tujuan pertanyaan yg diajukan baik, tapi cara penyampaiannya yg tidak tepat shg kesannya kurang empati, cth: ortu gak marah kalau mbaknya bantuin? --> kalau sudah tahu PS dari keluarga yg kurang mampu mestinya kita paham bahwa YBS memang harus membantu (jadi kita harus memilah pertanyaan yg jawabannya sudah jelas),dsb (ada sekitar 2-3 pertanyaan yg kurang empati) --> hati2 ini bisa bikin tersinggung PS dan membuat suasana komunikasi menjadi tdk enak, untuk menghindari kesan interogasi, agar tidak bertanya terus sebetulnya juga bisa diselingi dengan humor kecil, dsb. nanti dilatih lagi bagaimana bertanya dgn empati dan memberikan solusi/saran yg tepat (cth: karena sibuk bantu ortu sarannya jgn cuma lebih pintar bagi waktu tapi juga dijelaskan bagaimana caranya. krn dia kan waktunya sudah banyak untuk bantu ortu jadi harus dijelaskan cara kongkritnya bgmn), kebiasaan dan kekhawatiran belum digali.
PEMASANGAN EKG pemasangan elektroda V3 sampai V6 tidak tepat ya Nita, semua kurang ke lateral untuk sesuai dengan yang diomongin. V6 itu kepasangnya di linea aksilaris anterior, V5 di midclavicularis 2 jari ke lateral. Tidak meminta pasien untuk tidak bergerak selama perekaman berlangsung. Waktu habis, tidak sempat membersihkan elektroda dengan alkohol setelah tindakan. Tidak sempat meminta pasien memakai baju kembali. Tidak sempat melepaskan elektroda dan kabel setelah perekaman selesai. Tidak sempat cuci tangan WHO setelah tindakan.
PEMASANGAN KATETER tolong nada berkomunikaksi lebih empati
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL tidak meminta pasien BAK, tidak menghangatkan tangan sebelum pemeriksaan. tidak inspeksi suprapubic, dan pada px generalis tidak menilai adanya edema/tidak. Inspeksi regio costovertebralis posterior dan suprapubic tidak dilakukan.
PEMERIKSAAN FISIK LEHER cahaya saat cek gerakan deglutisi harusnya dalam posisi tangensial dik! tdk meminta pasien untuk rileks dan hiperekstensi saat dilakukan palpasi dari posterior., posisi palpasi tiroid terlalu naik, px ln.cukup baik. tdk mempersiapkan stetoskop, tdk melakukan auskultasi,
PEMERIKSAAN FISIK THORAX IC: oke persiapan pasien: cuci tangan: oke throaks pos: palpasi dilakukan diseluruh lapang thoraks ya, saat auskultasi paru minta pasien tarik dan hembuskan nafas, ant: idem, fremitus interpretasinya gerakan simetris?? bnran kedengarannya bronkovesikuler?jantung: pulsasi ictus cordis blm teraba, tau itu sic brp gmn mbak? njenengan tdk mencari itu sic brp lsng tembak sic sekian. komunikasi: oke profesionalisme: oke
PEMERIKSAAN VITAL SIGN cara membaca termometer kurang tepat (harusnya vertikal).komunikasi perlu diperhatikan
Download PDF