Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711144

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 2 TA 2017/2018

30 Juli 2018

17711144

Station Feedback
KOMUNIKASI mahasiswa belum meerespon non verbal pasien, wawancara tentang kekhawatiran probandus belum ditanyakan
PEMASANGAN EKG Tidak meminta pasien untuk membuka aksesoris yang berbahan logam. Tidak membersihkan elektroda menggunakan alkohol terlebih dahulu sebelum digunakan. Lokasi pemasangan elektroda kurang tepat, V1 dan V2 diparasternal, V4 tidak tepat di miaclavicularis, kurang ke lateral. Tidak meminta pasien untuk tidak bergerak selama perekaman berlangsung. Tidak membersihkan elektroda dengan alkohol setelah selesai perekaman.
PEMASANGAN KATETER ok
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL Persiapan pasien, belum diminta BAK. Pemeriksaan status generalis belum lengkap. Inpeksi costovertebra dan suprapubic belum dilakukan. Palpasi hepar dan lien belum dilakukan. Pemeriksaan bimanual ginjal belum dilakukan.
PEMERIKSAAN FISIK LEHER Posisi inspeksi dokter-pasien terlalu jauh. Penelanan mestinya pake cahaya tangensial. Palpasi, posisi blm ekstensi dan relaks. Apa beda lokasi deep chain dan superficial? (yg dipalpasi dan kekuatan palpasi sama saja). Lnn 7 lokasi Auskultassi, cek indikasi dan posisi (leher bagian mana, kenapa lokasi bell stetoskop diletakkan di bawah telinga?)
PEMERIKSAAN FISIK THORAX sudah ok dan sistematis
PEMERIKSAAN VITAL SIGN pelaporan nadi tidak hanya berapa kali permenit saja, tetapi juga perlu dilaporkan kekuatan nadi, kualitas, reguler/tidak, begitu juga pelaporan nafas tidak hanya berapa kali permenit saja tetapi juga dilaporkan ritme, kedalaman nafas, reguler/tidak, dan tipe pernafasan. Waktu habis tidak sempat cuci tangan sesudah tindakan.
Download PDF