Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711119

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 2 TA 2017/2018

30 Juli 2018

17711119

Station Feedback
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL belum meminta pasien mengosongkan kandung kemih. belum melaporkan keadaan umum pasien, adakah edema, belum inspeksi area costovertebrae dan suprapubik. lokasi auskultasi arteri renalis salah. perkusi malah bloking. perkusi 4 kuadran sebaiknya sistematik tiap kuadran diselesaikan dulu. belum perkusi batas lien. belum palpasi superfisial, palpasi dalam dan palpasi nyeri tekan dan nyeri lepas tekan.
KOMUNIKASI belum memperkenalkan diri
PEMASANGAN EKG mencari SIC itu bukan dengan cara diperkusi ya Gara. tidak menginformasikan pada pasien bahwa selama perekaman EKG tidak boleh bergerak. tidak cuci tangan setelah tindakan. tidak membersihkan permukaan kulit dan permukaan elektrode dengan menggunakan alkohol setelah tindakan.
PEMASANGAN KATETER Komunikasikan persiapan pasien dgn lengkap. Siapkan alat sebelum memulai pemasangan. Jgn ambil kassa steril lgs dari tempatnya dgn pinset yg sdg dipakai. gel disiapkan sbm pakai sarung tangan steril ya dik. Cara desinfeksi sdh cukup baik, hy ganti kassa setiap habis membersihkan 1 usapan di bgian shaft penisnya diganti ya.
PEMERIKSAAN FISIK LEHER inspeksi trakea tidak dilakukan. saat pemeriksaan tangensial tidak minta pasien menelan ludah. tidak meminta pasien rileks dan posisi ekstensi. tidak menyebutkan indikasi auskultasi kelenjar tiroid kepala saat palpasi kelenjar tiroid dari belakang. palpasi kelenjar limfonodi, nama limfonodi, cara pemeriksaannya, kurang tepat.
PEMERIKSAAN FISIK THORAX pada persiapan alat sekalian cek stetoskop ya Dwiki.perhatikan lagi letak pemeriksaan fremitus paru posterior ya. Perhatikan lagi cara perkusi ya, yang gerak pergelangan tangannya, bukan sikunya.gunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh pasien ya, pasien tidak tau auskultasi itu apa. tidak melakukan inspeksi ictus cordis dan meraba pulsasi iktus cordis. pelajari kembali perkusi batas jantung ya. tidak melakukan auskultasi jantung. overall oke kok, PRnya di px jantung aja.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN laporan nadi tidak hanya berapa kali permenit, tetapi juga dilaporkan ritme, kekuatan nadi, kualitas, dan regularitas. Pelaporan respi tidak hanya berapa kali permenit tetapi juga dilaporkn ritme, kedalaman pernafasan, regularitas dan tipe pernafasan. Pemasangan manset tidak 2,5cm dari fossa cubiti. Air raksa seharusnya dinaikkan 30mmHg dari hasil palpatoir, tapi dwiki menaikkannya hanya 20 mmHg. Tidak cuci tangan setelah tindakan. Tissue setelah digunakan tidak dibuang ke tempat sampah medis (tidak rapi).
Download PDF