Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711090

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 2 TA 2017/2018

30 Juli 2018

17711090

Station Feedback
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL belum meminta pasien utk mengosomgkan kandung kemih, belum inspeksi costovertebrae dan suprapubik. perkusi kurang terdengar. batas kanan hepar tdk tepat. belum perkusi batas lien. belum palpasi superfisial.
KOMUNIKASI ok lah
PEMASANGAN EKG tujuan pemeriksaan bukan untuk mengetahui detak jantung pasien ya Hasna, tetapi mengetahui kelistrikan jantung pasien. hanya meminta pasien membuka baju, tidak meminta membuka aksesoris berbahan logam. memasang elektroda kaki kanan terbalik, logam nya dimedial ya dek, bukan dilateral. untuk memasang V3 seharusnya memasang V2 dan V4 dulu ya Hasna, bukan dicari SIC nya begitu, karena posisi V3 seharusnya ditengah2 V2 dan V4, bukan di SIC 4 ataupun 5. setelah masang V1 kok langsung V4? Waktu habis, pemasangan elektroda belum selesai.
PEMASANGAN KATETER Informed consent itu memberi penjelasan tujuan, cara, risiko dan meminta persetujuan. Desinfeksinya diperhatikan ya. Pakai duk steril. berikan gel. Kemudian perhatikan cara memegang penis saat memasukkan kateter, posisinya bgmn. Kassa diujung penis tujuannya untuk apa?perlu diberi desinfektan tdk?
PEMERIKSAAN FISIK LEHER inspeksi trakea tidak dilakukan, inspeksi menelan ludah saat cahaya tangensial tidak dilakukan. tidak minta pasien relaks dan ekstensikan kepala saat palpasi kelenjar tiroid dari belakang.tidak melakukan asukultasi, namun menyebutkan indikasi. beberapa limfonodi cara dan lokasi kurang tepat: Limfonodi submanidbular, limfonodi servikalis supervisialis, limfonodi servikalis posterior (bukan post servikalis) kurang tepat, hampir sama dengan supraklavikula lokasi pemeriksaannya.
PEMERIKSAAN FISIK THORAX pada persiapan alat sekalian cek stetoskop ya Hasna. Belajar perkusi lagi ya, masih belum keluar suaranya di pemeriksaan thorax posterior. hasil pengembangan parunya gimana Na? (px posterior). tidak melakukan inspeksi ictus cordis dan meraba pulsasi iktus cordis. pemeriksaan apex jantung menggunakan corong ya.. good job, melakukan pemeriksaan dengan jujur, tidak hanya hafalan.
PEMERIKSAAN VITAL SIGN tidak menjelaskan tujuan pemeriksaan. Pelaporan respi tidak
hanya berapa kali permenit dan juga kedalamannya saj tetapi juga dilaporkn ritme, regularitas dan tipe pernafasan. Pelaporan nadi tidak hanya berapa kali permenit saja, tetapi juga ritme, kekuatan nadi, kualitas dan regularitas. Pemasangan manset tidak 2,5cm dari fossa cubiti. Hasil TD 110/90 mmHg, itu hasilnya tidak normal ya dek, karena TD Diastolenya meningkat, coba dibuka lagi JNC VII, itu masuk kriteria hipertensi stage berapa???
Download PDF