Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711071

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 2 TA 2017/2018

30 Juli 2018

17711071

Station Feedback
KOMUNIKASI ok komunikasi sudah baik, baik verbal dan non verbal
PEMASANGAN EKG lokasi pemasangan V1 sampai V4 tidak tepat baik SIC maupun linea nya. V4 malah dipasang di SIC IV linea midclavicularis 3 jari ke medial, terlalu jauh dari yang seharusnya. Tidak membersihkan permukaan kulit maupun elektroda dengan alkohol setelah pemeriksaan selesai.
PEMASANGAN KATETER setelah desinfeksi pasang duk steril, posisi tangan kiri bantu buka labia mayora ya, edukasi kurang lengkap, jangan mudah panik ya....
PEMERIKSAAN ABDOMEN DAN GINJAL Persiapan, pasien tidak diminta BAK, lutut seharusnya ditekuk atau diganjal bantal. Pemeriksaan status generalis tidak dilakukan. Inspeksi costovertebra dan suprapubic tidak dilakukan. Palpasi superficial tidak tepat cara melakukannya, palpasi dalam belum dilakukan, palpasi aorta belum dilakukan.
PEMERIKSAAN FISIK LEHER Saat palpasi mestinya pasien relaks dan ekstensi shg lokasi juga bisa lebih tepat. Lnn deep chain, cek lagi posisi. Auskultasi mestinya tetap disimulasikan (meskipun tdk ada pembesaran)
PEMERIKSAAN FISIK THORAX px posterior: lakukan perkusi orientasi dulu baru menentukan batas pengembangan paru, sempat lupa melakukan auskultasi ya, setelah apsien berbaring baru ingat, mintalah pasien bernafas dalam, sehingga gerakan napas tdk terlalu cepat. untuk px anterior palpasi pengembangan paru blm dilakukan, palpasi iktus kordis jg tdk dilakukan. sebaiknya lakukan perkusi orientasi dulu ya baru menentukan batas jantung/paru. fremitus taktil bag inferior kurang 1 lokasi, perkusi orientasi apeks paru (supraklavikula tdk dilakukan), batas jantung tidak dilaporkan menggunakan titik koordinat yg terdiri dari pertemuan SIC dan linea, auskultasi terlalu cepat, mintalah pasien bernafas dalam, auskultasi pada titik2 ttt untuk mendapatkan suara bronkial/bronkovesikuler tdk dilakukan.mengulang perkusi saat auskultasi, auskultasi apeks jantung tdk dilakukan. perlu belajar lagi, tdk perlu buru2 ya
PEMERIKSAAN VITAL SIGN penempatan manset saat mengukur tensi tidak 2,5cm dari fossa cubiti, tisue bekas pakai tidak di buang ke tempat sampah medis (kurang rapi). pelaporan nadi tidak hanya berapa kali permenit saja, tetapi juga perlu dilaporkan kekuatan nadi, kualitas, reguler/tidak, begitu juga pelaporan nafas tidak hanya berapa kali permenit saja tetapi juga dilaporkan ritme, kedalaman nafas, reguler/tidak, dan tipe pernafasan.
Download PDF