Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711143

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 4 TA 2017/2018

30 Juli 2018

16711143

Station Feedback
BACA RESEP INFO OBAT (BSO) kalau mengelap ujung tutup pakai tissue kering (jangan dibasahi tisunya)
BALUT BIDAI lain kali lebih teliti membaca skenario ya, pada kasus frkatur kalo kita ingin meminta pasien merubah posisi, yg kita bantu adalah bagian tubuh yg fraktur bukan yg lain
KOMUNIKASI mampu menganamnesis dengan sangat baik. Terus berlatih utk semakin lebih baik lagi!
PEMASANGAN NGT tidak sampai 45 cm saat memasukkan NGT-nya sehingga tidak sempurna masuk lambung, tidak cuci tangan setelah pemeriksaaan
PEMERIKSAAN PAYUDARA OK
PERAWATAN LUKA (MLBM) tidak melakukan cuci tangan WHO, langsung hibiscrub. kok megang bungkus sofratule pakai korentang dek? korentang itu steril loh ya dibawahnya. on lebih dari 3x. handscoon steril kok ditaruh di meja tidak steril dek?? setelah hibiscrub langsung pakai handscoon? kok tidak dikeringkan dahulu dengan handuk? jadi basah2 begitu langsung pakai handscoon? memegang selimut lagi dengan tangan yang sudah pakai handscoon steril cara memberikan anestesi tidak tepat, tangan kiri harusnya gmn dek? cara megang spuit bagaimana harusnya? tidak mengecek efek anestesi terlebih dahulu. cara membersihkan dengan NaCl ataupun disinfeksi itu nyentuh ke kulit ya dek, jangan cuma kena sedikit begitu, bakteri tidak akan mati dan luka tidak akan bersih kalau kassa cuma nyenggol saja. tekhnik penjahitan salah, tangan kiri harusnya memegang apa dek? pinset memfiksasi kulit yang akan dihecting kan? kok tidak memfiksasi begitu? tangan beberapa kali memperbaiki jilbab padahal pakai handscoon steril. penutupan luka hanya dengan sofratule dan hipafix? tidak dilapis kassa dahulu?? hasil penjahitan kedua tepi luka tidak bertemu, lebih dikencengin lagi ya dek.
PROVOKASI NYERI inform consent: tidak mejelaskan tujuan pemeriksaan, risiko yangn di timbulkan dan tidak emminta persetujuan pasien, pasien langsung di suruh tidur. LASEQUE & O CONNEL: ok. PATRICK: prosedur pemeriksaan masih kurang tepat, seharusnya menempatkan maleolus eksterna tungkai yang sakit di lutut tungkai yang sehat. KONTRA PATRIK: seharusnya dilakukan fleksi tungkai yang sakit ke sisi luar dulu baru kemudian endorotasi dan aduksi, firdha langsung di endorotasi dan aduksi.
SWAB VAGINA - PAP SMEAR saat informed consent duduk dlu saja de.. pasien akan lebih nyaman saat komunikasi. teknik cuci tangan belum sesuai. inspeksi nyalakan lampu y de.disinfeksi pegang kassa dan mnyapukannya dg lege artis y de.. langkah2 tindakan tdk perlu dibilang semua tapi lakukan dg benar. pasang spekulum tangan kiri buka labia y de.. pegang pean terbalik... jangan dibersihkan dlu sebelum ambil apusan.. ambil pertama ambil apusan endo yg kedua bagian dalam.. bedanya apa de? yg ekto tdk diambil? melepas spekulum dg menghembuskan napas?? mengambil alkhol dg sarung tangan yg telah kotor malah kontaminasi de..
Download PDF