Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711138

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 4 TA 2017/2018

30 Juli 2018

16711138

Station Feedback
BACA RESEP INFO OBAT (BSO) belum menjelaskan dosis, edukasi kurang lengkap
BALUT BIDAI periksa ROM juga ya de.
KOMUNIKASI "kalo boleh saya tahu" lebih baik sblm menjelaskan anda banyak menggali informasi dulu dari pasien misal apakah benjolannya progress spt apa, gali yg terkait sistem, hipertiroid kurang yodium? sbnarnya anda tidak dibebani dg diagnosis, cukup bertanya aj ada ngga benjolan ditempat lain, kapan atau apa yg memperingan keluhan, memperberat, anggota kelg ada kel serupa oke tp cb tanya ttg peny lain yg terkait misal peny degeneratf DM HT jsntung, stroke, bapak pernah mondok? sakit berat seblum ini? parafrase nya sudah berusaha dg baik, tp sebelum kita mmberikan pendapat kita coba digali dg baik dulu kekhawatiran pasien, persepsi pasien dg lbh baik. harapannya apa? pasien ingin diapakan? apakah pasien boleh misal ini ada ngga selain operasi dok? minum obat misal? atau ke herbal? belm sampe digali kesana padahal pada kenyataanya masy banyak yg dmikian kan? rpk rpd jgn merasa cukup dg peny serupa saja.
PEMASANGAN NGT handuk sebaiknya diletakkan dari awal tindakan.
PEMERIKSAAN PAYUDARA saat palpasi jangan hanya disentuh y dek tapi sambil sedikit ditekan dan kl ada benjolan dipalpasi lagi lebih detai dan dilaporkan konsistensinya dan mobile atau tidak,limfonodi pelaporannya sama dengan palapsi payudara y dek
PERAWATAN LUKA (MLBM) saat menghentikan perdarahan sementara, gunakan handscoon (bersih) dek, jangan tanpa handscoon, bisa tertular penyakit yg dibawa darah pasien. sudah cuci tangan dengan teknik aseptik tetapi belum menyiapkan handscoon. dodi sudah memakai sarung tangan steril kenapa memegang botol Nacl,,, seharusnya saat persiapan alat, nacl di tuang ke kom, jadi saat membersihkan luka di semprot dengan spuit injeksi.. jadi tidak on & saat membersihkan luka dengan menyemprot Nacl pakai kassa juga ya dodi. Penutupan luka didahului dengan memberi salep antibiotik dan sofratul dulu ya dodi. baru tutup kasa dan plester. waktu habis tidak sempat edukasi.
PROVOKASI NYERI excellent
SWAB VAGINA - PAP SMEAR korentang on,jangan pakai betadin kalau belum ambil sampel meskipun di luar, objek glass jangan diletakan di tempat steril, belum emastikan tangan on atau tidak sebelum melakukan bimanual (kalau on ya ganti)
Download PDF