Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711137

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 4 TA 2017/2018

30 Juli 2018

16711137

Station Feedback
BACA RESEP INFO OBAT (BSO) Dahului dgn menjelaskan jenis, frekeuansi dan dosis obat. Jangan lupa lagi ya. Dibaca resepnya, jelaskan frekuansi pemberian dari resep yg tertera. Boleh tdk membubuhkan salep di jari baru kemudian dioleskan ke mata? cara yg benar bgmn? dilihat lagi cara penggunaan ya secara detail. Edukasi penggunaan boleh berulang jika suatu saat sakit mata yang sama, apakah pasien bisa menilai sendiri sama?
BALUT BIDAI jelaskan tujuan, cara, dan risiko serta informed consent ya de. kemudian lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, inspeksi, palpasi, ROM, VAS baik pada tungkai maupun dahi. pemasangan bidai, bagaimana posisi bidai? pembalutan, pasang mitela yang tidak mengganggu padangan dari pasien, jadi ekor segitiganya tidak menjuntai di depan mata pasien. gunakan handscoon saat membersihkan luka.
KOMUNIKASI RPK sudah didapatkan penyakit2 yang diderita keluarga pasien tetapi tidak digali lebih dalam. tidak menggali RPD. RPS masih kurang lengkap. anamnesis sistem hanya menggali dari 2 sistem, itupun saat menggali RPS. perspektif pasien tidak tergali.
PEMASANGAN NGT sebaiknya memposisikan pasien pada fowler dari awal bukan sudah masuk ngt-nya. tidak mencuci tangan setelah tindakan. fikasasi kurang tepat.
PEMERIKSAAN PAYUDARA tidak menjelaskan tujuan pemeriksaan dan tidak meminta persetujuan pasien,tidak menanyakan apakah ada anggota keluarga yang akan menemani saat pemeriksaan,inspeksi hanya dilakukan 1 posisi saja (seharusnya 2 posisi minimal ya dek) dan pelaporan tidak lengkap,palpasi dilakukan tapi pelaporan kurang lengkap (jangan hanya posisi benjolannya y dek yang dilaporkan laporkan juga ukuran,konsistensi,mobile/tidak,nyeri?,palpasi limfonodi supraclavicular tidak dilakukan,tidak melakukan pemencetan puting. note:saat memeriksa sambil dilaporkan ya dek ke penguji mungkin suara bisa lebih d keraskan lagi
PERAWATAN LUKA (MLBM) saat menghentikan perdarahan sementara, gunakan handscoon (bersih) dek, jangan tanpa handscoon, bisa tertular penyakit yg dibawa darah pasien, soalnya kamu menekan lukanya tanpa sarung tangan. Pemeriksaan luka: hanya di Inspeksi, tidak dipalpasi dan move. luka tidak dibersihkan di seperlunya dulu, kan waktu inspeksi bilang lukanya kotor. Persiapan alat: menuang alkohol??? untuk apa ya dek??? ANESTESI: ok. DEBRIDEMENT: tidak dilakukan. JAHITAN: baik. edukasi: baik.
PROVOKASI NYERI belum dimintain kesediannya, fleksi keluar dulu untuk kontra patrik baru endorotasi dan aduksi
SWAB VAGINA - PAP SMEAR nih anak nggak tahu kalo larutan garam fisiologis = NaCl. tidak pasang duk. belum disebutkan apusan dari endoserviks utk pengecatan gram. apusan dari dinding lateral vagina harusnya dikasih KOH bukan NaCl. selesai pemeriksaan bersihkan vagina kemudian amati kondisi vagina dan cervix.
Download PDF