Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711122

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 4 TA 2017/2018

30 Juli 2018

16711122

Station Feedback
BACA RESEP INFO OBAT (BSO) Yang kurang dilakukan : cuci tangan setelah penetesan, basmalah sebelum penetesan
BALUT BIDAI palpasi dahi dan tungkai bawah, gunakan handscoon dek nanti tanganmu terkena darah pasien. tidak membersihkan luka terlebih dahulu sebelum di balut dan di bidai.tidak memberi kassa sebelum dilakukan pembalutan di dahi.
KOMUNIKASI belum menanyakan faktor yg memperberat dan memperingan keluhan. RPD belum tanya riwayat opname. RPK belum tanya riwayat opname. perspektif pasien sudah tanya kemungkinan penyebab, belum menggali harapan/keinginan pasien lebih dalam.
PEMASANGAN NGT mengukur panjang ngt yang akan dimasukkan boleh dengan meteran, tetapi sebelum memakai handscoon ya, kalau sudah pakai handscoon begitu berarti handscoon nya jadi tidak steril lagi? berarti selang ngt akan jadi tidak steril lagi juga. tidak sempat edukasi waktu habis.
PEMERIKSAAN PAYUDARA perintahnya langsung lakukan px tidak perlu anamnesis/ ic tidak lengkap... tidak menjelaskan resiko/ tidak minta dibuka bajunya dan ditemani kerabat, langsung diminta duduk/ tidak meminta pasien membusungkan dada, inspeksi: nodul dimana? punting tidak dilaporkan/ tidak melaporkan perubahan warna pada pydr kiri/ / palpasi sebaiknya tidak pada posisi duduk, sehingga tidak semua bagian payudara j diperiksa terutama yang tepi2, teknik palpasi tidak tepat/ interpretasi benjolan pun tidak semuanya lengkap hanya meliputi, ukuran (tidak dilaporkan), konsistensi, sedangkan jumlah, mobilitas dan nyeri (tidak dilaporkan)/ interpretasi palpasi axila tidak tepat (lokasi salah) interpretasi hanya ada benjolan saja, sedangkan jumlah (kiri salah, kanan tidak disampaikan), mobilitas, nyeri dan konsistensi tidak dilaporkan, tidak memberi isyarat sebelum tindakan/ palpasi lnnn supraklavikula dilakukan, tetapi interpretasi tidak lengkap/
PERAWATAN LUKA (MLBM) kalo ujian perawatan luka pilih pakain yg tepat, biar waktu pake handscoe jd tdk on, pake handscoen yg pas jangan kebesaran, hasil jahitan kurang rapat ya, seharusnya tepi luka ketemu
PROVOKASI NYERI informasi hasil pemeriksaan dan rencana lanjutan kepada pasien kurang lengkap
SWAB VAGINA - PAP SMEAR ic ok. sebaiknya kassa dan obyek glass disiapkan dulu karena jika sdh pake HS akan on; singkap selimut dan arahkan lampu baru cuci tangan. cara memegang spekulum saat masuk kurang tepat, harusnya bilah dikunci dengan jari 2 dan 3, selalu beri isyarat saat akan memasukkan spekulum ya, bersihkan dulu vagina dengan kassa kering (karena ada keluhan keputihan) spekulum terlalu dalam insersinya sehingga menjepit porsio, pada keadaan riil mngkn akan menimbulkan jejas.cara mengeluarkan spekulum tidak tepat, bilah spekulum tidak ditutup dan tdk dijepit dengan jari.
Download PDF