Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711028

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 4 TA 2017/2018

30 Juli 2018

16711028

Station Feedback
BACA RESEP INFO OBAT (BSO)
BALUT BIDAI cara mengikat pembidaian, kurang sesuai
KOMUNIKASI yang baik: mengucap salam dan menggali identitas tetapi belum memperkenalkan diri, menanyakan KU, menanyakan skala nyeri, onset nyeri, penyebab nyeri, lokasi keluhan dan penjalarannya, tanda jejas pada lokasi, karakteristik nyeri, yang memperberat keluhan dan kaitannya dengan aktivitas (berjalan), riwayat berobat, mengkroscek informasi pasien, menanyakan persepsi pasien terkait penyebab penyakitnya dan lokasi nyerinya, menanyakan posisi dan kondisi pasien paska jatuh, menanyakan tindakan saat terjatuh, menanyakan keluhan lain (mual, demam, bb turun, pusing, bak, bab), menanyakan konsumsi makanannya, menanyakan riwayat serupa di keluarga, lingkungan, tetangga, menanyakan minum obat atau pengobatan lainnya, menanyakan kekhawatiran pasien, yang belum dilakukan: belum konsisten menggunakan nama pasien dalam berkomunikasi, kurang bersikap netral terhadap kondisi pasien (sebaiknya tidak usah menyampaikan poin2 terkait pengobatan medis dan "sangkal putung" --> pada tahap ini mahasiswa hanya diminta menggali keluhan pasien dengan komprehensif, jika mmg dirasa cukup dalam penggalian informasi penyakit pasien bisa disudahi daripada pertanyaannya meluas
PEMASANGAN NGT siapkan alat dengan lengkap ya de. penanda NGT pakai apa? cara mengukur NGT lakukan dengan benar. spatula tongue masukka ke dalam bengkok.
PEMERIKSAAN PAYUDARA Belum menanyakan kepada pasien apakah ada anggota keluarga yg menemani saat pemeriksaan,Inspeksi ok,palpasi sudah dilakukan tapi pelaporan masih kurang lengkap (konsistensi?) usahakan lakukan pemeriksaan dgn lege artis perlakukan manekin seperti layaknya pasien sesunguhnya (lakukan pemeriksaan dengan gentle),pmx limfonodi pelaporan kurang lengkap,komunikasi ok,profesionalisme kurang (lakukan pemeriksaan dengan hati2 dan perhatikan kenyamanan pasien y dek)
PERAWATAN LUKA (MLBM) pemeriksaan luka kurang lengkap (look feel dan move), menjepit jarum dengan nald volder seharusnya 1/3 belakang, jahitan masih kurang rapi, tepi luka tidak bertemu dengan sempurna
PROVOKASI NYERI tidak menjelaskan tujuan, cara dan risiko pemeriksaan. kurang ramah,empati, sdh nyeri malah diulang lg. kurang komunikasi dengan pasien. pelan-pelan dik menekannya, membuat pasien tdk nyaman.
SWAB VAGINA - PAP SMEAR Penjelasan posisi litotomi kpd pasien tdk dilakukan. Pemilihan spekulum terlalu kecil ya. Ketika membuat preparat disebutkan pembuatannya dgn ditetesi apa ya, krn ada larutan2 yg tersedia. Sebutkan hasil pemeriksaan vagina dan juga serviknya ya setelah desinfeksi.
Download PDF