Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711007

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK JULI 2018 SEMESTER 4 TA 2017/2018

30 Juli 2018

16711007

Station Feedback
BACA RESEP INFO OBAT (BSO) posisi kepala dibuat lebih rendah
BALUT BIDAI Px ROM? untuk pembidaian sebaiknya gunakan 3 mitela. luka terbuka di dagu setelah dibersihkan sebaiknya ditutup kasa steril dulu sebelum di balut mitela.
KOMUNIKASI sudah mengucap salam, menanyakan identitas pasien tetapi belum memperkenalkan diri/ menanyakan KU, onset, skala nyeri, karakteristik nyeri, lokai keluhan, frekuensi keluhan, yang memperberat, yang memperingan, menanyakan kembali frekuensi dan hal yang memperingan, menanyakan keluhan lain (pusing, lemas otot), pengobatan yg dilakukan pasien (obat). riwayat serupa dahulu, riwayat serupa di keluarga, menanyakan kebiasaan merokok, alkohol, menanyakan pola makan sehari-hari dan jenis makanannya, menanyakan aktivitas di sekolah, menanyakan riwayat jatuh karena olahraga. meminta pasien menceritakan perjalanan keluhannya. menanyakan persepsi penyebab sakitnya pasien. jangan menggunakan istilah medis ke pasien ya dek (dislokasi dan fraktur). menanyakan kekhawatiran pasien, menanyakan pengobatan alternatif yang dilakukan pasien dan efeknya serta kaitannya dengan aktivitasnya, kurang menggali terkait lututnya apakah ada kemerahan, bengkak dll... sebaiknya dokter bersikap netral (sebaiknya jangan menyebutkan kalau kemungkinan ada salah pijat)
PEMASANGAN NGT alatnya dipersiapkan dengan lengkap ya de... stetoskop, gel. buang spatula tongue ke bengkok. kenapa fiksasi pakai kassa di hidung? kan malah mengganggu pernafasan pasien.
PEMERIKSAAN PAYUDARA prosedur dijelaskan ya, termasuk ke ketiak juga, inspeksi perlu dijelaskan posisinya, ada 2 posisi saat inspeksi, palpasi tekniknya msh bs diperbaiki, tdk hanya ditekan tetapi juga dibuat memutar agar bs mengenali benjolan yang kecil (baik palpasi payudara maupun lnn), bs ditambah laporan adanya nyeri saat palpasi, ukuran, jumlah benjolan, dll. peau d orange ya, bukan peudoorange, lnn infraclavikula ndak ada ya, cukup supraklavikula dan aksila, penekanan puting belum dilakukan dan dilaporkan adanya cairan yang keluar,
PERAWATAN LUKA (MLBM) jangan lupa melakukan pemeriksaan luka diawal (look feel dan move) dan kontrol perdarahan dl, untuk melakukan itu gunakan St bersih, sudah memakai ST steril tapi pegang selimut u buka luka pasien??? ST jadi tdk steril dong, setelah scrubbling lapnya pakai handuk steril ya bukan yg bersih, pembersihan dengan nacl itu stelah anastesi klo yang dikerjakan sebelum anaestesi itu desinfeksi dek, tindakan penjahitan yang dilakukan sudah tdk aseptik lagi krn tdk ganti sarung tangan, penjahitan posisi jarum di nald voeder hayo yg betul bagiamana?? penusukakn jarum tegak lurus 90 derajat ya, jahitan kurang krn kehabisan waktu, IC kurang lengkap,
PROVOKASI NYERI ok
SWAB VAGINA - PAP SMEAR pemeriksaan bimanual dilakukan di awal, pake duk steril juga. meneteskan cairan KOH memakai tangan kanan yg steril, shg on kanan kiri.
Download PDF