Sistem Nilai Ujian OSCE - 14711150

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE MARET 2018 TA 2017/2018

29 Maret 2018

14711150

Station Feedback
INTEGUMENTUM tdk menanyakan perubahan bentuk UKK dari awal smp degan akhir pada pasien. dk melakukan px UKK dengan menggunakan lup dan senter, UKK tidak menyebautkan adanya papula dan bentuk erosif. konsentrasi kloramfenikol salep kurang tepat.
MUSKULOSKELETAL px fisik : cuci tangan dilakukan setelah juga ya, px penunjang : permintaan rontgennya sudah sesuai, tx non farmako : sudah sesuai, tx farmako sudah sesuai
PSIKIATRI riwayat penggunaan napza/obat2an/rokok tdk ditanya, demikian pula riw pribadi, cara memeriksa psikiatri utk orientasi ok, namun yg lain blm pas.Dx ok, DD msh salah,edukasi juga kurang buat rencana terapi dan rujuk, serta lebih humanis ya..., empatinya lbh diperlihatkan pd pasien dan keluarganya.
SISTEM ENDOKRIN DAN METABOLISME anamnesis masih kurang, ada 9 poin penilaian pada anamnesis yaitu keluhan utama, RPS, RPD, RPK, pengobatan, sosial kebiassaan, prenatal dan antenatal, imunisasi dan tumbuh kembang, masih banyak yang belum ditanyakan dengan lengkap. Tidak dapat menginterpretasikan pemeriksaan antropometri dengan benar, lihat lagi cara pembacaan Z score dengan interpretasi bagian tinggi badan menurut umur dan berat badan menurut umur. Pemeriksaan fisik kurang sistematis. Diagnosis yang dibuat tidak benar.
SISTEM GASTROINTESTINAL px fisik msh blm sistematis dek,
SISTEM HEMATOINFEKSI Anamnesis : RIwayat lingkungan dan kebersihan belum digali. Pemeriksaan : tidak cuci tangan setelah melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan penunjang menyebutkan DR dan serologi benar. Diagnosis kurang lengkap. Edukasi : pemberian cairan dan diet tidak disampaikan.
SISTEM INDERA anamnesis ok, px visus ok, cuci tangan sudah,tidak pakai binocular?, DD hanya 1 yang tepat, signatura pada obat tidak ditulis, edukasi tidak lengkap
SISTEM KARDIOVASKULER Diagnosis sudah benar. Salah memeilih infus set makro, seharusnya transfusi set. Tidak mengisi tampungan air sampai setengahnya. Fiksasi cukup baik. Kecepatan tetesan infus? Belum tepat menghitung tetesan infus. Belajar lagi ya.
SISTEM REPRODUKSI Antropometri dan VS tdk diperiksa. Cara memakai Laenec harusnya tdk dipegang.Usia kehamilan seharusnya 30+6 bukan 30+3.
SISTEM RESPIRASI tambahkan dd emfisiema pneumonia, tambahkan terapi antiinflamasi seperti steroid
SISTEM SARAF Lakukan anamnesis dengan lengkap, termasuk riwayat sosial, lingkungan, dan tumbuh kembang. Px fisik lakukan secara lengkap mulai dari keadaan umum, vital sign, head to toe, px neurologis. Lakukan secara sistematis dan jgn lupa cuci tangan sebelum dan sesudahnya. Kamu tidak melakukan px head to to secara lengkap. Diagnosis kerja sudah baik, tapi DD nya utk meningitis dan ensefalitis masih terlalu jauh ya. Edukasi & komunikasi sudah cukup baik. Terus belajar dan berlatih ya..sukses!
SISTEM URINARIA Keluhan pada istri ada gak? riw kontak seksual dg istri selama sakit? menggali risiko penularan pada pasangan juga dek.. Px swab, awali dg inspeksi genitalia & sekitarnya, palpasi daerah inguinal.. masukkan kapas lidi 1cm & diputar ya dek.. Ingat cara interpretasi hasil pengecatan gram :selain ada lekosit & epitel, ada bakteri ndak? jenis coccus/bacil? gram negatif/positif? karakter bakteri & sebaran?. Tidak bisa langsung mengidentifikasi sebagai N. gonorhea dek... (sebatas suspek/kecurigaan saja. Kalau mau pasti ya di kultur...). Seharusnya interpretasi yang benar : diplococcus gram negatif (boleh ditambah intraselular). Dx kurang lengkap, hanya menyebutkan gonorea saja, kurang uretritis nya.. Dek, baca Pedoman Nasional Tatalaksana IMS dari Kemenkes ya.. DOC untuk uretritis gonorea menggunakan antibiotik apa, dosis & sediaannya juga.. Azitromisin boleh sebagai kombinasi, tapi sebetulnya DOC utamanya bukan ini..
Download PDF