Sistem Nilai Ujian OSCE - 14711068

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE MARET 2018 TA 2017/2018

29 Maret 2018

14711068

Station Feedback
INTEGUMENTUM RPD itu pasien punya riwayat alergi lo belum ditanyakan, pemeriksaan kulit menggunakan penlight dan senter dan lup, UKK nya salah papul eritema multiple disertai kanalikuli dengan ekskoriasis, diagnosisnya scabies betul DD CLM sama pioderma
MUSKULOSKELETAL kontrol perdarahan pasien gunakan sarung tangan ya. cuci tangan aseptik sebelum pakai handscoon steril.
PSIKIATRI Sebaiknya memanggil pasien dengan sebutan Mbak, bukan Bu, karena pasien belum menikah. Riwayat perkembangan awal dan kepribadian belum digali. Orientasi waktu, orang dan tempat, memori, inteligensia, isi pikir belum digali. Dosis sediaan Fluoxetin 10 dan 20 mg, bukan 2 mg, sedangkan Diazepam 2 dan 5 mg, bukan 10 mg.
SISTEM ENDOKRIN DAN METABOLISME anamnesis sdh dilakukan dg baik, px fisik memeriksa kesan umum, pembesaran kelenjar dan thorax namun px lokalisny malah blm diperiksa, px penunjang yg dilakukan AU dan Ro beserta interpretasinya namun blm lengkap, dd benar, edukasi sdh baik
SISTEM GASTROINTESTINAL DCA ec Rotavirus?? status dehidrasinya belum (akhirnya dikonfirm : dengan dehidrasi berat). Sambung rasa dengan pasien kurang, pemilihan infus kenapa yang mikro? dengan kondisi seperti ini butuh cairan banyak kan? teknis nya sdh cukup ok. tapi fiksasinya kurang tepat, masih kendor. masih ada udara di selang yg tdk dihilangkan, farmakoterapinya paracetamol dan F 75 , apakah tdk perlu zink, oralit?. Komunikasi ke pasien atau pengantar kurang. Resep penulisannya tidak lengkap.
SISTEM HEMATOINFEKSI anamnesis kurang terarah, pasien adalah seorang petugas kebersihan, sebaiknya digali kebiasaan sosialnya (misal membersihkan selokan yang penuh kotoran tikus).
SISTEM INDERA px: sudah cuci tangan, membersihkan alat. untuk px telinga kanan seharusnya juga dilakukan semua, bukan hanya disebutkan saja. dx otitis eksterna akut dengan furunkel (coba cek lagi diagnosis ini ya). tx baru memberikan antibiotik oral belum analgetik
SISTEM KARDIOVASKULER blm tanya r.lingkungan, r.sosial, dosis tdk tepat, untuk grade 2 tidak bisa hanya dengan captopril dosis standart saja, d resep blm ada ac/pc, materi edukasi tdk tepat krn pasien punya ht grade 2 tapi dibilang kondisinya baik2 saja (padahal sdh disertai TTH)
SISTEM REPRODUKSI Anamnesis cukup baik, perhatikan aspek sterilitas, persiapkan semua bahan dan alat dengan baik sebelum dilakukan pemeriksaan
SISTEM RESPIRASI masih kurang untuk menyingkirkan DD jantung saaat anamnesis, DD 1 kurang tepat, edukasi belum sempat
SISTEM SARAF anamnesisnya kurang mengarah vertigonya central ato perifer, sbg dasar dd n dx. px fisiknya jgn cuma tes keseimbangan..px utk gangguan central, tes vestibuler jg. dx dan dd bener, tp dasar dari px fisik dan ax utk men dx dan dd kurrang. obatnya apa?
SISTEM URINARIA anamnesis baik, sudah melakukan informed consent dengan baik, detil. perkusimu perlu dilatih, nggak kedengaran, kok bisa mengatakan timpani? nanti di klinik harus bisa keras suaranya. pemeriksaan edema itu caranya dengan dipalpasi, nggak cuma dilihat. pemeriksaan penunjang itu jangan dari yang sophisticated, tapi mulai dari sederhana dulu saja. kalau ada nyeri di suprapubik kenapa jadi ada batu di ginjal? hmm, seharusnya bisa terlacak ini batu atau infeksi dari pemeriksaan urinalisa. untuk DD nya belum disebutkan. untuk edukasi sudah bagus.
Download PDF