Sistem Nilai Ujian OSCE - 14711066

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE MARET 2018 TA 2017/2018

29 Maret 2018

14711066

Station Feedback
INTEGUMENTUM tdk menanyakan perubahan bentuk UKK dari awal smp degan akhir pada pasien. px UKK tdk menggunakan lup. UKK tdk lengkap (hanya papul dan krusta. ada skuama???) setelah selesai kok baru pakai lup? untuk apa? px penunjang dengan Tzanc?? dx terapi salah (kok bs herpes zooster?)
MUSKULOSKELETAL px fisik : cuci tangan setelah pemeriksaan juga ya , px penunjang : permintaan rontgennya sudah sesuai, tx non farmako : sudah sesuai, tx farmako sudah sesuai
PSIKIATRI anamnesis perlu digali riw sebelum sakit, juga kemungkinan menurun karena riw pemakaian obat2an, tp klo bs tdk ditanya berulang2 thd stressornya, misal meninggal keluarganya. px psikiatri blm ok, msh banyak yg blm tergali, Dx ok, DD salah, edukasi ok banget ya..., jg lupa dirujuk
SISTEM ENDOKRIN DAN METABOLISME anamnesis kurang sistematis, ada 9 poin penilaian pada anamnesis yaitu keluhan utama, RPS, RPD, RPK, pengobatan, sosial kebiassaan, prenatal dan antenatal, imunisasi dan tumbuh kembang, masih ada yang belum ditanyakan dengan lengkap. Tidak dapat menginterpretasikan pemeriksaan antropometri dengan seluruhnya benar, lihat lagi cara pembacaan Z score dengan interpretasi bagian tinggi badan menurut umur dan berat badan menurut umur, jangan langsung djawab gizi buruk. Diagnosis yang dibuat kurang tepat.
SISTEM GASTROINTESTINAL anamnesisnya hrs ditanyakan ya karakteristik dr diarenya termasuk warna, lendir, darah dsbnya, px fisik abdomennya udah cukup namun kurang sistematis, diagnosis salah dek, dd nya yg amobasiasi yg benar, terapi jga msh kurang tepat ok dx nya salah ya.
SISTEM HEMATOINFEKSI Anamnesis : Riwayat lingkungan perlu ditanyakan. Pemeriksaan fisik : perbaiki cara pemasangan manset ya dik.. Pemeriksaan RL tidak dilakukan . tidak cuci tangan setelah pemeriksaan . Pemeriksaan penunjang menyebutkan DR dan dan serologis interpretasi kurang lengkap. Diagnosis kurang tepat. Edukasi masih kurang, belum menyebutkan asupan, diet, pencegahan dsb.
SISTEM INDERA pemeriksaan segmen anterior tidak lengkap, OTM itu apa kok ukurannya 10 gr (pakai yang baku kalau mau menyingkat), frekuensi pemberiaan obat kurang tepat, edukasi kurang lengkap
SISTEM KARDIOVASKULER Mahasiswa menilai itu belum syok, seharusnya sudah. Jenis infus set yang dipilih makro, seharusnya transfusi set. Fiksasi kurang kuat, mudah tercabut, tidak ada yang melingkar/membentuk pita atau selang infus dilengkungkan dan difiksasi. Belum cuci tangan sesduah memasang infus. Hitungan tetesan infus belum benar. bekas darah tidak dibersihkan.
SISTEM REPRODUKSI Ax baik, px baik dan sistematis, HPL benar, usia kehamilan tidak disebutkan.
SISTEM RESPIRASI perhatikan cara melakukan perkusi orientasi paru, sistematis ya bandingkan langsung kanan dan kiri... jangan kanan kanan baru kiri kiri, dd benar kecuali tonsilofaringitis karena tonsil dan faring normal...
SISTEM SARAF Anamnesis sudah cukup baik. Px fisik harus dilakukan dengan lengkap dan sistematik ya. Px fisik head to toe pada thorax & abdomen tidak hanya auskultasi ya. Px neurologi juga tidak melakukan reflek fisiologis. Edukasi dan komunikasi sudah cukup baik. Terus belajar..sukses ya!
SISTEM URINARIA Px swab, awali dg inspeksi genitalia & sekitarnya, palpasi daerah inguinal..pasien perlu diminta berkemih dulu kah dek? Interpretasi hasil kurang lengkap, hanya menyebutkan diplococcus saja (gram negatif/positif??). Dx kurang lengkap, hanya menyebutkan gonorea saja, kurang uretritis nya.. Dek, baca Pedoman Nasional Tatalaksana IMS dari Kemenkes ya.. DOC untuk uretritis gonorea menggunakan antibiotik apa, dosis & sediaannya juga.. Ciprofloxacin sudah tidak direkomendasikan lagi, kalaupun mau pakai itu dosisnya seharusnya single dose.
Download PDF