Sistem Nilai Ujian OSCE - 14711022

FEEDBACK OSCE PREDIK PERIODE MARET 2018 TA 2017/2018

29 Maret 2018

14711022

Station Feedback
INTEGUMENTUM UKK ditemukan krusta pada tangan dan kaki tersebar rata di badan, ada bekas garukan. Salah UKK nya,, ini papul eritema multiple. Diagnosa scabies, DD impretigo krustosa dan DKA DKI,
MUSKULOSKELETAL gunting benang mana gunting jaringan mana de? tulis resep yang lengkap ya. pemeriksaan penunjang regio sama sebelah mana? ga ada interpreatsi?
PSIKIATRI Riwayat perkembangan awal dan riwayat penyakit keluarga belum tergali. Persepsi, proses pikir, bentuk pikir, isi pikir, intelegensia, memori, gangguan persepsi belum tergali. Diagnosis banding baru 1. Kadang bloking agak lama. Olanzapin tidak tepat digunakan untuk kasus ini. Olanzapin lebih bersifat anti psikotik. Diberikan untuk depresi hanya jika obat yang lain (anti depresan) belum membaik.
SISTEM ENDOKRIN DAN METABOLISME Anamnesis sudah dilakukan dengan cukup baik namun bicaranya terlalu cepat selain ada beberapa poin yang yg ditanyakan kurang relevan sebagai contoh menanyakan sering makan asin( apakah ada hub dengan sbg faktor resiko gout de?), pemeriksaan fisik didahului dan diakhiri dg cuci tgn namun langkah2nya dikorupsi hehee, diagnosis yg disampaikan sdh benar, dosis terapi dikoreksi lg ya, edukasi sudah baik.
SISTEM GASTROINTESTINAL dx dehidrasi berat et causa BAB cair, tepatnya adalah DCA (diare cair akut). komunikasi informed consent dll kurang, pemilihan infus memakai Nacl, harusnya RL, pemasangan cukup lancar, tdk ada kesalahan prinsip, farmakoterapi pemilihan obatnya oralit, zink 20 mg .
SISTEM HEMATOINFEKSI pada anamnesis, riwayat penyakit keluarga, sosial, kebiasaan belum digali dengan baik. pemeriksaan fisik abdomen harus dilakukan dengan sistematis. Penegakan diagnosis kurang tepat, Weil disease adalah jenis leptospirosis yang berat. Lihat lagi kriteria Weil disease ya. Karena diagnosis kurang tepat, maka terapi yang diberikan menjadi kurang tepat juga.
SISTEM INDERA sudah menanyakan detail keluhan, faktor risiko yang mungkin menyebabkan keluhan. jangan lupa menanyakan riwayat penyakit dahulu, pengobatan. sudah cuci tangan dan membersihkan alat. sudah periksa telinga kiri yang sakit. jangan lupa periksa juga telinga yang sehat. dx otitis externa (jangan lupa jenisnya disebutkan: furunkulosa). tx: sudah memberikan terapi topikal, jangan lupa analgetiknya.
SISTEM KARDIOVASKULER blm tanya r lingkungan, r sosial, px suhu tidak dilakukan sampai akhir, hanya dipasang termo tapi tdk diambil termonya, dosis captoprilnya terlalu tinggi u/ kombi. Coba dicek lagi brp dosis captopril u dikombi dgn furosemide y
SISTEM REPRODUKSI Sudah cukup baik, efektifkan waktu, dan ingat pemeriksaan ginekologi dilakukan dokter posisi duduk ya...
SISTEM RESPIRASI ax ok, px cukup, baca rongent belum baik, DD 1 kurang tepat, bagaimana edukasi menghindari faktor risiko
SISTEM SARAF ananmesis nya coba lebih sistematis, gejala central, perifer dan triase meniere..px fisik utk gangguan central dilakuka ya..edukasi pasien yg mudah dipahami dan dilakukan terlebih dulu, px fisik perhatikan kenyamanan dan keamanan pasien.
SISTEM URINARIA secara umum baik, anamnesis sudah bisa menggali faktor resiko. untuk pemeriksaan fisik yang dilakukan sudah cukup baik. untuk interpretasi pemeriksaan penunjang sudah cukup baik. seharusnya pemeriksaan penunjang dari yang sederhana dulu, jangan langsung yang sophisticated. untuk diagnosa harusnya jelas ke arah cystitis. ini terkacaukan dengan urethritis karena gambaran darah. apa hubungannya dengan makan pisang? untuk pasien ini kenapa dirujuk? seharusnya dari urinalisa akan ketahuan arahnya infeksi ataukah batu. ayo belajar lagi.
Download PDF