Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711007

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2017/2018

01 Februari 2018

15711007

Station Feedback
AKDR IMPLANT tangan post cuci tangan tetap tidak steril ya, jadi hati2 dlm membuka bungkus handscoen steril agar alat lain dimeja steril tdk terkontaminasi,
ANC pelajari kembali penentuan puka/puki...punggung kanan itu kanannya ibu ya bukan kanannya pemeriksa ya, kalau punggung salah maka px DJJ bisa terpengaruh , periksa juga antropometri ibu... penunjang ditambahkan urin dan USG, dx kurang lengkap seharusnya G2P1A0 uk 30 mgg anemia grav,pelajari lagi cara memeriksa dan menghitung DJJ dalam 1 menit
IMUNISASI reaksi sesudah imunisasi selanjutnya belum ditanyakan,sebelum memulai tindakan tidak menilai vaksin masih bagus atau tidak,prosedur dan cara penyuntikan sudah ok,edukasi efek imunisasi dan cara mengatasinya sudah ok, edukasi imunisasi selanjutnya kurang tepat (lihat lg sesuai PPI dari IDAI 2017) perhatikan lg umur pasien y (2 mgg)
IPM 1 ax cukup baik. hal2 yg berkaitan dg keluhan sudah ditanyakan. namun sayang riwayat sosial/keluarga tidak ditanyakan. px general dilakukan dg baik. persiapan pasien cukup baik. persiapan alat2 cukup baik. membuang bungkus handschoen tolong diperhatikan ya dek. toilet vulva jika akan melakukan swab jangan menggunakan povidone iodine ya dek, untuk meminimalisir adanya manipulasi. duk sudah dipasang dengan baik. inspeksi vulva luar dilakukan dg baik, tapi lupa tdk palpasi kel bartolini. inspeksi bag dalam tanpa spekulum tidak bisa ya mbak, vagina itu collapse, harus dibuka dg spekulum baru bisa dilihat. setelah anda melakukan pemasangan spekulum, anda langsung melakukan test swab, harusnya anda inspeksi dulu, jadi tadi terbalik ya, saya paham maksud anda sebelumnya dg inspeksi bag dalam tadi, tapi yg anda lakukan belum tepat. belajar lagi untuk px inspekulo gyn ya. px swab sudah runtut. px gyn lakukan dg DUDUK ya dek, jangan berdiri, mata untuk inspeksi harus sejajar dg vulva. dx benar, tx metro 500 2dd1 ya, ok good luck!
IPM 2 baca soal ya dik, tdk minta anamnesis lo dik...abdomen tdk diauskutasi dik, pasien DCA loo..brudzinki 1 bisa hanya 1 kaki yg fleksi positif ya?diagnosis msh salah ya,,,meningitis??kn tdk ada meningeal sign (-),,tx: antipireti oke, dibekali diazepam (jd gak rawat inap ya?), tapi okelah sudah dibilang rujuk,,ya karena dx.meningitis bukan KDK,,klopun rujuk krn meningitis ya jgn pasien disuruh kesana sendr tanpa diberi tatalaksana pendahuluan ya..
IPM 3 PX yg sudah BB/tb, VS, px abdomen (harusnya auskultasi dulu baru palpasi nyeri, kandiddat terbalik). yang belum padahal penting terkait diare dan dehidrasi adalah apakah tampak kehausan. mata cowong? bibir/mukosa kering?turgor/elastisitas, CRT. pastikan cuci tgn ok.anamnesis sudah cukup baik, tinggal eksplor riw pribadi.dx (kelahiran-perkembangan).tampak kehausan atau tidak. dx tidak tepat pada klasifikasi klinis berat diarenya. tx diare sudah benar tapi tatalaksana rehidrasi cairannya kurang tepat. itu berefek pada edukasi jadi kurang.
IPM 4 diagnosis baik. faktor2 resiko kurang tergali lengkap. edukasi dan konseling harus lebih applicable
KONSELING KB anamnesisnya masih kurang, untuk konseling tanyakan juga riw migren, riw mens, riw persalinan sc pa normal spontan, riw menyusui, riw keputihan, riw alergi, riw peny kelg dg kanker, konseling itu menggali dulu baru njelasin yg perlu dijelasin, trus rekonfirm pemahaman pasien. kita bukan sedang jadi ambassador atau spg dik kita membantu pasien untuk memilih yg paling sesuai dg kondisi pasien lha kalo anamnesis nya ga lengkap gimana kita bisa milihin? pertimbangan indikasinya sudah baik untuk usia pasien, menyusui masih 3 bulan, isi susuk apaan? mbak? kok bisa jadi kb? kpn bisa dipasang? apa kapan kapan atu ada indikasi kpn waktu pemasangan?
PPN Kala 2 : cek ada tdknya lilitan tali pusat ya. Informasi persiapan ibu msh kurang lengkap ya. Sebelum menggunting tali pusat, didesinfeksi dlu ya. Kala 3 : setelah plasenta lahir, di masase ya.
RESUSITASI NEONATUS resusitasi sudah sesuai alur, lampu tidak dinyalakan, tidak menentukan dx,
SIRKUMSISI duk steril kalau belum jadi dipakai jangan ditaruh sembarangan diluar, itu alat masih pake berulang kali kok diletakan di luar (pelajari lagi prinsip aseptik), edukasi kurang ,dosis obat salah
Download PDF