Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711189

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711189

Station Feedback
KOMUNIKASI duduknya jangan nyender ya (sempat menyender di awal percakapan). saat perkenalan ibunya memperkenalkan diri sebagai Ibu Novi, kok dipanggilnya tetap lanjut mbak? kurang merespon apa yang lawan bicara omongin, seharusnya pertanyaan lanjutan itu kelanjutan dari apa yang yang lawan bicara kita omongin.
PEMERIKSAAN KEKUATAN OTOT sudah bagus, informed consent yang dilakukan jelas. cuci tangan OK, namun sebaiknya pakai 6 langkah ya, sudah update nih. untuk pemeriksaan sensibilitas sudah bagus dalam menjelaskannya. dalam melakukannya sudah bagus konsisten. hanya saja untuk diskriminasi 2 titik jelaskan dan contohkan bagaimana yang 1 dan bagaimana yang 2. untuk yang pemeriksaan kekuatan otot sudah bagus caranya hanya saja yang bagian tangan belum melakukan yang mengepalkan dan mengembangkan jari. untuk pasien sebaiknya 1 posisi-1 posisi saja, jangan baring-duduk-baring, kasihan capek. untuk cuci tangan langsung ya setelah periksa, sebelum duduk dan edukasi.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B pemeriksaan n8 belum lengkap, baru n. acusticus dan posisi garpu tala masih kurang tepat seperti mau px hantaran di tulang, px n. 9.10 kurang lengkap untuk fungsi fungsi menelan. px 11 dan 12 sudah ok
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS sudah bagus, informed consent yang dilakukan jelas. cuci tangan OK, namun sebaiknya pakai 6 langkah ya, sudah update nih. untuk pemeriksaan sensibilitas sudah bagus dalam menjelaskannya. dalam melakukannya sudah bagus konsisten. hanya saja untuk diskriminasi 2 titik jelaskan dan contohkan bagaimana yang 1 dan bagaimana yang 2. untuk yang pemeriksaan kekuatan otot sudah bagus caranya hanya saja yang bagian tangan belum melakukan yang mengepalkan dan mengembangkan jari. untuk pasien sebaiknya 1 posisi-1 posisi saja, jangan baring-duduk-baring, kasihan capek. untuk cuci tangan langsung ya setelah periksa, sebelum duduk dan edukasi.
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS refleks biceps tidak muncul dengan 1-2 kali pemukulan.....
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI alhamdulillah sudah baik
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Ic : ok, palpebra dan silia : ok konjungtiva dan sklera : sklera tdk dilaporkan, kornea : sumber cahaya dari belakang pasien ya. bedakan iris dan COA ya. Iris diperiksa dari depan juga dinilai adanya darah/pus/warna/penglengketan/kripte iris ya. Tdk dilakukan penilaian pupil (diameter/isokor). shadow test interpretasinya positif atau negatif, refleks cahaya tidak langsung sdh berayun tetapi cahaya harus diarahkan ke mata.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS sudah bagus, informed consent yang dilakukan jelas. cuci tangan OK, namun sebaiknya pakai 6 langkah ya, sudah update nih. untuk pemeriksaan sensibilitas sudah bagus dalam menjelaskannya. dalam melakukannya sudah bagus konsisten. hanya saja untuk diskriminasi 2 titik jelaskan dan contohkan bagaimana yang 1 dan bagaimana yang 2. untuk yang pemeriksaan kekuatan otot sudah bagus caranya hanya saja yang bagian tangan belum melakukan yang mengepalkan dan mengembangkan jari. untuk pasien sebaiknya 1 posisi-1 posisi saja, jangan baring-duduk-baring, kasihan capek. untuk cuci tangan langsung ya setelah periksa, sebelum duduk dan edukasi.
PEMERIKSAAN VISUS sip. perfect
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI apakah ada risiko(belum diasampaikan)?
TEKNIK ASEPTIK Initial washing : sampaikan potong kuku juga selain membersihkan kukunya. Scrubing : bersihkan sisa sabunnya sampai bersih, dekat siku masih ada sabunnya. Mengeringkan dengan handuk : perhatikan pengeringan dengan handuknya yaa bagian mana yang msh basah..atau bersabun. Habis scrubbing tunggu dulu sejenak di dekat wastafel sampai tetesan airnya pd siku berkurang jangan langsung ngambil handuk sterilnya..
Download PDF