Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711187

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711187

Station Feedback
KOMUNIKASI oke, baik sekali Hanif :)
PEMERIKSAAN KEKUATAN OTOT sudah baik, dalam informed consent sudah OK, hanya saja cara dan resiko harus didetilkan. untuk cuci tangan langkahnya kurang, nggak sesuai panduan WHO, baik 6 ataupun 7 langkah. untuk penjelasan dalam pemeriksaan sensibilitas sudah cukup baik, hanya saja pasien harus ditekankan benar bahwasanya diminta untuk menunjuk lokasi periksa. untuk pemeriksaan yang diminta adalah sensasi taktil, nyeri, dan diskriminasi. tidak perlu menyebutkan tajam, tumpul, dan halus. tapi cukup dengan tajam dan halus. untuk pemeriksaan diskriminasi sudah OK. untuk pemeriksaan ekstrimitas atas yang diminta adalah pemeriksaan lengan bawah dan tangan. jadinya yang tangan belum dilakukan. cucilah tangan langsung setelah memeriksa sebelum duduk dan edukasi. lain kali lebih teliti yak.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B tidak melihat adanya kedutan/tics, tidak memastikan telinga tersumbat/tidak sebelum periksa, meriksa pakai garpu tala kok ngetuknya keras sekali? , sebaiknya disuruh memejam mata saat tes pendengaran, ,palatum dan uvula yang dilihat gerakan simetrisnya (bukan adanya lesi), tidak menayakan adanya kesulitan menelan,pada pemeriksaan n 12 kurang memeriksa lidah (seharusnya tangan pemeriksa memegang di sisi pipi pasien)
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS sudah baik, dalam informed consent sudah OK, hanya saja cara dan resiko harus didetilkan. untuk cuci tangan langkahnya kurang, nggak sesuai panduan WHO, baik 6 ataupun 7 langkah. untuk penjelasan dalam pemeriksaan sensibilitas sudah cukup baik, hanya saja pasien harus ditekankan benar bahwasanya diminta untuk menunjuk lokasi periksa. untuk pemeriksaan yang diminta adalah sensasi taktil, nyeri, dan diskriminasi. tidak perlu menyebutkan tajam, tumpul, dan halus. tapi cukup dengan tajam dan halus. untuk pemeriksaan diskriminasi sudah OK. untuk pemeriksaan ekstrimitas atas yang diminta adalah pemeriksaan lengan bawah dan tangan. jadinya yang tangan belum dilakukan. cucilah tangan langsung setelah memeriksa sebelum duduk dan edukasi. lain kali lebih teliti yak.
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS Sudah bagus, utk yg belum terlihat dapat diulang dalan batas wajar, tapi jika sudah muncul tidak perlu diulang-ulang spt dilakukan pada saat pemeriksaan refleks patella, sebaiknya dimulai dari sebelah kanan
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI pakailah headlamp saat melakukan inspeksi di hidung, headlamp dipakai terus selama pemeriksaan ya, lebih berhati2 dalam memeriksa, tidak memakai alkohol untuk membersihkan spatula yang disposabel
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Ic : ok, pemeriksaan segmen anterior posisi saling duduk di kursi saja, dan saling menyilang ya, jangan ngangkang. kurang etis dilihat. tapi terakhir sdh dilakukan posisi yang sesuai, rima palpebra, gerakan palpebra tdk diperiksa dan tdk dinilai. bulu mata bisa dari depan juga saja cahayanya, saat periksa palpebra bawah lebih baik minta melirik ke atas. utk palpebra atas harus dibalik ya, tdk hanya ditarik agar dpt divisualisasi dg baik. konjungtiva bulbi dan sklera tdk dinilai dan tdk dilaporkan, Tdk dilakukan penilaian iris dan pupil. Iris diperiksa dari depan juga dinilai adanya darah/pus/warna/penglengketan/kripte iris sekaligus menilai pupil (diameter/isokor). reflekas langsung dan tdk langsung bs skalian simultan. shadow tes hasilnya positif atau negatif y. posisi tangan saat refleks cahaya nempel ke hidung ya, agar tdk ada hambaran cahaya ke mata yg tdk diperiksa.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS sudah baik, dalam informed consent sudah OK, hanya saja cara dan resiko harus didetilkan. untuk cuci tangan langkahnya kurang, nggak sesuai panduan WHO, baik 6 ataupun 7 langkah. untuk penjelasan dalam pemeriksaan sensibilitas sudah cukup baik, hanya saja pasien harus ditekankan benar bahwasanya diminta untuk menunjuk lokasi periksa. untuk pemeriksaan yang diminta adalah sensasi taktil, nyeri, dan diskriminasi. tidak perlu menyebutkan tajam, tumpul, dan halus. tapi cukup dengan tajam dan halus. untuk pemeriksaan diskriminasi sudah OK. untuk pemeriksaan ekstrimitas atas yang diminta adalah pemeriksaan lengan bawah dan tangan. jadinya yang tangan belum dilakukan. cucilah tangan langsung setelah memeriksa sebelum duduk dan edukasi. lain kali lebih teliti yak.
PEMERIKSAAN VISUS ok. sip. perfect...
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI Posisi pemeriksaan kurang benar, pemeriksaan otoskopi kurang lengkap, juga tidak menanyakan kontraindikasi untuk valsava manuver
TEKNIK ASEPTIK Initial washing : sampaikan potong kuku juga selain membersihkan kukunya. Scrubing : bersihkan sisa sabunnya sampai bersih, dekat siku masih ada sabunnya. Mengeringkan dengan handuk : perhatikan pengeringan dengan handuknya yaa bagian mana yang msh basah..atau bersabun. Gloving : sudah baik dan berhati2 sekali menggunakan sarung tangannya.. sipp.. diingat terus yaa untuk selalu menjaga prinsip aseptiknya dalam setiap step..
Download PDF