Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711165

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711165

Station Feedback
KOMUNIKASI awal pembicaraan terkesan canggung/ sudah menanyakan identitas lawan bicara dan tidak menggunakan namanya sebagai sapaan tetapi belum memperkenalkan diri/ pertanyaan sudah baik dimulai dengan menanyakan anaknya berapa dan sudah dijawab, akan tetapi tidak dilanjutkan dengan pertanyaan yang sesuai dengan jawaban lawan bicara/ respon terhadap beberapa jawaban lawan bicara terkesan tidak wajar ("nanti akan saya beri tahu teman2 saya... maksudnya untuk apa ya?/ saat mendengan suami lawan bicara meninggal, ekspresi wajah kurang seusai (terlihat tersenyum), dan terkesan menyangkal informasi lawan bicara/ sena terkesan menasehati lawan bicara, dan di bagian ini sena tampak lebih dominan, padahallawan bicara mau ngomong tapi tidak jadi/ penutuppembicaraan terburu2/
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B N 9, 10 belum periksa refleks muntah. pemeriksaan N11 perlu palpasi m.trapezius dari belakang pasien untuk mencari adanya kelainan m. trapezius. N 12 belum meminta pasien mendorong lidah ke pipi dan palpasi dari luar.
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS berlatih lebih banyak lagi ayunan hammer yang benar. refleks achilles sebaiknya kaki di dorsofleksikan maksimal, agar achilles muncul.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI Informed consent: sudah baik, Persiapan alat dan pasien: seharusnya pasien diposisikan kakinya menyilang dengan pemeriksa, Px rhinoskopi: palpasi hidungnya nyusul dibelakang.., Px sinus: kurang laporannya, Px mulut-tenggorokan: Belum melaporkan kondisi faring (hiperemis, post nasal drip). Ayo berlatih lagi.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Inspeksi seharusnya juga menggunakan senter. Lup binokuler seharusnya juga dipakai dengan semestinya. Px palpebra superior dan inferior harusnya pasien diminta melihat ke arah semestinya. Cara px iris dipelajari lagi. Pelaporan dan hal yg diperiksa pada palpebra, COA masih kurang lengkap
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS baik
PEMERIKSAAN VISUS oke. mungkin perlu diperhatikan ruang diseting antar tembok itu 6 m (sudah ada kertas petunjuk yang ditempel) sehingga sena sebaiknya kalau meminnta pasien berdiri mepet dgn tembok jgn terhalang dgn kursi kecuali pasien diminta duduk. untuk hitung jari krn di snellen chart itu 6 meter berarti saat sena maju dan mulai menghitung berarti sdh dihitungnya 5 m bkn 6 m sehingga visus kanan kurang tepat. interpretasi hasil kurang tepat misal 6/20 berarti pada org normal 20 m tetapi pasien 6 m (bkn dalam cm)
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI px otoskopi dan profesionalisme: tidak menanyakan kontra indikasi pemeriksaan
TEKNIK ASEPTIK Saat initial washing sblm disabun, basuh dahulu telapak hingga sikunya, baru disabun. Yg disabun jgn hy telapak tangan saja, tapi sampai siku. Scrubbing sel jari juga discrub ya. Lepas gaun dulu baru sarung tangan ya.
Download PDF