Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711159

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711159

Station Feedback
KOMUNIKASI memperkenalkan diri sebagai Reza, baca baik2 skenario nya ya dek. baru awal langsung blocking. kok kaku banget Dek. ini ceritanya Mei itu temannya Nanda satu sekolah loh dek, bukan nya cuma kenal2 gitu aja. menutup pembicaraan terlalu terburu-buru.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS A NK 1 : jangan hanya cukup ditanya sdg pilek apa tdk. tapi di cek juga dengan cara pasien diminta untuk menutup salah satu hidungnya dan jari pemeriksa mengecek hembusan nafas pasien apakah kanan dan kiri tdk ada sumbatannya. NK 2 : dek, posisinya saat lapang pandang posisikan sama2 duduk sejajar dgn menggunakan kursi, jangan disuru duduk di bed pasiennya. N. 3,4,6 : butuh senter tidak dek pd pemeriksaan nervus ini? NK 5 : sensoris : dengan menggunakan tusuk gigi atayu jarum tolong di test dulu di kulit kita sndiri dek, yang pakai kapas juga harus dicoba dlu ke kulit pemeriksa. jangan dicobanya ke kulit pasiennya. tujuannya, agar bisa merasakan sbrapa dalam tusukan yang sdh bisa menimbulkan respon pd sensorisnya (anggap sensoris kita normal).
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS sudah baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS baik
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI pelaporan palpasi hidung uar bagaimana, pelaporan hasil pemeriksaan rinoskop dan tenggorokan kurang lengkap
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR pemeriksaan pertumbuhan bulu mata, lup dan senter digunakan secara beesamaan. konjjungtiva identifikasi masing2: pars palpebra inferior dan superior, pars bulbi. pars superior tidak dilakukan. iris dan kamera okuli anterior tentu yg diperiksa beda dan interpretasi beda. lensa? tidak ada putih2?
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS oke
PEMERIKSAAN VISUS sebaiknya hitung jari urut dr 6 meter, maju ke 5 4 3 dst. inget2 nama pasien y
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI lakukan pemeriksaan otoskop dengan duduk ya dek, bukan berdiri. lupa ya tidak melakukan manuver valsava & toynbe. selebihnya px yang lain sudah runtut namun yang dilaporkan minimalis sekali, sebutkan apa saja yang sebaiknya anda lihat dek, misal: tidak nampak peradangan, benjolan, sekret, perdarahan, scar/sikatrik/ bekas luka, benda asing/corpus alienum, bagaimana membran timpaninya, apakah nampak serumen? dan masih banyak lagi. hmmm.... grogi is normal, coba dikurangi groginya dengan sholawat dan istigfar setiap kali sebelum masuk ruang station. good luck!
TEKNIK ASEPTIK teknik scrubing masih salah, kurang sungguh-sungguh, memakai golving dulu sebelum gowning, waktu habis
Download PDF