Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711158

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711158

Station Feedback
KOMUNIKASI ok, baik sekali Septya :)
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS A NK 1 : jangan hanya cukup ditanya sdg pilek apa tdk. tapi di cek juga dengan cara pasien diminta untuk menutup salah satu hidungnya dan jari pemeriksa mengecek hembusan nafas pasien apakah kanan dan kiri tdk ada sumbatannya. NK 3,4,6 : butuh senter nggak yaa?. NK 5 : motoris, sensoris, dan refleks korneanya gmna yak?. sensoris : dengan menggunakan tusuk gigi atau jarum tolong di test dulu di kulit kita sndiri dek, yang pakai kapas juga harus dicoba dlu ke kulit pemeriksa. jangan dicobanya ke kulit pasiennya. tujuannya, agar bisa merasakan sbrapa dalam tusukan yang sdh bisa menimbulkan respon pd sensorisnya (anggap sensoris kita normal). Tampak bingun, habis ini mau melakukan pemeriksaan yg mana, yg apa.. :) semangaaatttt... :)
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS okeee
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS lokasi ketuk tendon trisep kurang tepat. penempatan pasien untuk px sebaiknya satu aja, misal di bed saja, tidak terbagi 2 (di bed dan duduk di kursi ps). komunikasi dibiasakan ya
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI kalau mau menggunakan spatula lidah jangan disuruh menjulurkan lidah
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR pemeriksaan konjungtiva bulbi dan sklera, usahakan mata pasien dibuka maksimal, kalo mata sipit kan susah dinilai kalo ngga dibantu dibuka. pemeriksaan konj pars superior dibalik bpelan2 ya de... bedakan ya pemeriksaan iris dan kamera okuli anterior. interpretasi pemeriksaann pupil apa saja?
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS untuk komunikasi masih agak kaku dan sering terjadi blocking
PEMERIKSAAN VISUS prosedur bisa dijelaskan lebih detil y, lain2 sdh ok.
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI Septya, tingkatkan skill komunikasi anda. lupa ya tidak melakukan manuver valsava dan toynbe. jika ada serumen, itu adalah kompetensi anda sebagai dokter umum untuk membersihkan, tidak harus menganjurkan pasien untuk ke dokter THT hanya untuk membersihkan serumen. px inspeksi dan palpasi sebenarnya sudah baik dan runtut, tp lupa melakukan manuver valsava dan toynbe dan tolong tingkatkan lagi skill komunikasi dan sambung rasa dengan pasien. semangat ya Septya!!
TEKNIK ASEPTIK prinsip aseptik kurang diperhatikan lagi ya
Download PDF