Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711141

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711141

Station Feedback
KOMUNIKASI mengangkat kaki menunjukkan bahasa non verbal yang tidak baik de.. saat melakukannya pun farhan kurang nyaman y.. dalam membina sambung rasa tidak memperkenalkan diri / menanyakan nama lawan bicara dan tdk menggunaakan sebagai sapaan... respon verbal refleksi isi / perasaan blm dilakukan. hanya ulangi kembali jawaban lawan bicara. bahasa kadang sulit dipahami lawan bicara. pelan2 saja de.. jangan terlalu cepat bicaranya.. tampak cemas dan bingung mau berbincang apa.. beberapa kali bicara sendiri "apalagi ya".. hindari de... obrolan kurang mengalir dengan baik. tidak menutup pembicaraan
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B N 7 blm periksa sensorik lidah. N 9,10 blm periksa refleks muntah. N12 belum meminta pasien mendorong lidah ke pipi dan palpasi dari luar.
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS evaluasi kenapa refleks bisep tidak muncul. cuci tangan sebaiknya tidak menggunakan jam tangan.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI Informed consent: cukup, Persiapan alat dan pasien: seharusnya pasien diposisikan kakinya menyilang dengan pemeriksa sejak awal, Px rhinoskopi: sudah baik, Px sinus: pemeriksaannya kurang detail, seharusnya dilaporkan juga inspeksi bahwa bagian luar sinus tidak bengkak, hiperemis dll., Px mulut-tenggorokan: Menekan spatula harus keras kearah bawah dan yakin agar rongga faring tervisualisasi. Belum melaporkan kondisi faring (hiperemis, post nasal drip), belum melaporkan tonsil karena tidak terlihat, belum menilai kondisi uvula (tidak diminta "aa"), belum melaporkan kondisi gigi geligi dan gusi. Latihan lagi ya bagaimana cara menekan lidah agar faring dapat terlihat.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Duduk seharusnya tdk mengangkangi pasien. Konjungtiva jernih?? (konjungtiva yg mana) Pelaporan dipelajari lagi, apa yg sebenarnya diperiksa??
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS baik
PEMERIKSAAN VISUS untuk menyampaikan inform concent ke pasien hindari istilah medis seperti visus. kacamata dilepas ya kalo periksa visus, kalau gak dilepas kacamatanya visusnya jd normal :)
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI ok
TEKNIK ASEPTIK tidak melepaskan jam tangan dan tidak mengeringkan tangan setelah cuci tangan WHO. mulai dari cuci tangan initial washing prinsip cuci tangan scrubbing sdh di mulai loh (bedanya tidak ada sistem zonasi), tangan harus sll diatas dibandingkan siku. handscoon menjadi tidak steril karena kamu salah memegang, kalau kulit yang beklum pakai handscoon hanya boleh menyentuh bagian dalam, namun setelah pakai handscoon hanya boleh menyentuh yang bagian luar!!
Download PDF