Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711136

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711136

Station Feedback
KOMUNIKASI awal permulaan pembicaraan cukup wajar/ sudah baik memberikan respon thdp jawaban pasien/ belum menanyakan nama dan menggunakan namanya sebagai sapaan, serta belum memperkenalkan diri/ belum bertanya sesuai dengan jawaban lawan bicara (seperti saat bicara ttg suaminya yang meninggal, bisa ditanyakan lanjut misalkan sudah ditinggal sejak kapan, meninggal karena apa, dll)/ saat pasien cerita tentang anaknya, sebenarnya bisa digali lebih lanjut tentang jumlahnya, usianya, sekolahnya, biaya yang dibutuhkan, prestasi anaknya dll/ respon non verbal saat mendengan suaminya telah meninggal sudah baik/ pembicaraan terkesan masih canggung dan suasana komunikasi kurang cair/ penutup pembicaraan jangan terburu-buru a dek, jangan lupa ucapkan salam/sapaan untuk lawan bicara jangan mba, bu, mba, buk ... sebaiknya pakai namanya bu ...
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B N12 belum meminta pasien mendorong lidah ke pipi dan palpasi dari luar.
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS sebaiknya pasien diperiksa di meja periksa. ayunan hammer sebaiknya pakai tangan dominan agar ayunan lebih kuat. bisep, sebaiknya yang tendon ditekan agar pukulan yang diberikan juga maksimal menimbulkan reflek. pada reflek patella perhatikan tulang atau tendon. refleks achilles sebaiknya kaki di dorsofleksikan maksimal, agar achilles muncul.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI Informed consent: belum menjelaskan tujuan dan prosedur pemeriksaan, Persiapan alat dan pasien: posisi duduk sebaiknya kepala pemeriksa sejajar dengan kepala pasien.. sudah disediakan 2 kursi yang sama ukuran... hendaknya digunakan., Px rhinoskopi: sudah baik, Px sinus: sudah baik, Px mulut-tenggorokan: menekan spatula harus yakin agar seluruh rongga faring dapat terlihat.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Saat inspeksi mestinya senter dipakai. Komjungtiva bulbi tapi koq yg dilihat sklera yaaa...Pelajari lagi pelaporan shadiw test (apa arti positif dan negatif)
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS mohon perhatikan rangsang yang sama pada dermatom yang sama secara simetris
PEMERIKSAAN VISUS Inform concent kurang cara pemeriksaan. lain2 sudah baik mungkin karena grogi sempat tidak meminta pasien melepaskan kacamata dan menutup salah satu mata tetapi diperbaiki di tengah pemeriksaan. saat dinda melakukan hitung jari, dhinda tdk perlu maju 1 langkah baru mulai menghitung karena jarak dari snellen chart itu sudah 6 meter
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI persiapan alat dan pasien: tidak memakai head lamp, tidak memposisikan pasien menyilang dengan pemeriksa, sebenarnya posisi kursi pemeriksaan sudah menyilang tetapi pemeriksa malah menggeser kursi periksa ke arah samping,profesionalisme: tidak teliti dalam persiapan dan pemeriksaan (tdk memakai penerangan cukup saat inspeksi).
TEKNIK ASEPTIK Sudah cukup baik, hy masker dan topi lupa ya
Download PDF