Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711112

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711112

Station Feedback
KOMUNIKASI sambung rasa masih kaku.. kadang pangggil mbak kadang panggil bu... padahal sudah tau ibu berusia 40 tahun.. sempet bingung mau mengawali dan tampak diverbalkan.. lebih coba untuk menunjukkan kebingungan tsb ya de.. tidak memperhatikan respon nonverbal pasien yang tampak lelah / memijat kaki.. tidak melakukan refleksi isi dan perasaan.. respon verbal dan non verbal dari info yg diberikan lawan bicara tidak sesuai kadang tdk direspon..
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B N7 tidak menginervasi kulit wajah, utk apa diperiksa sensasi taktil di kulit wajah?pemeriksaan N11 perlu palpasi m.trapezius dari belakang pasien untuk mencari adanya kelainan m. trapezius. N12 belum meminta pasien mendorong lidah ke pipi dan palpasi dari luar.
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS evaluasi kenapa refleks bisep tidak muncul. tendon bisep kurang ditekan sehingga reflek tidak muncul. pemilihan hammer reflek juga akan mempengaruhi muncul atau tidaknya reflek.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI Informed consent: cukup, Persiapan alat dan pasien: Bila sudah menggunakan headlamp, tidak perlu lagi pakai senter.. Belum membersihkan alat sebelum digunakan. Px rhinoskopi: cara pegang spekulumnya harus yakin dan mantap. coba latihan lagi., Px sinus: cukup, Px mulut-tenggorokan: Menekan spatula harus keras kearah bawah dan yakin agar rongga faring tervisualisasi. Bila memeriksa menggunakan spatel, lidah tidak boleh dijulurkan karena akan menjadi kaku. Belum melaporkan kondisi faring (hiperemis, post nasal drip). latihan lagi ya cara menggunakan spatulanya. Menggunakan spatula besi seharusnya lebih mudah dan enak daripada yang kayu.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Konjungtiva bulbi sebenarnya dmana? knp yg dipx sepertinya sklera? Keratoskop terbalik.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS baik
PEMERIKSAAN VISUS oke. karena grogi jd lupa meminta pasien melepas kacamata untung ingat di akhir dan masih ada waktu ya jd bs diulang. seting ruangan itu antar tembok 6 m shg sebaiknya siti kalau meminta pasien berdiri mepet dengan temboknya jgn terhalang oleh kursi
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI px otoskop: cara memegang otoskop tidak benar.
TEKNIK ASEPTIK handscoon bersih malah dipindahkan ke meja steril? satu meja menjadi tidak steril dong? (diperbaiki di balikan ke meja semula?) mengulang 2 kali tp prinsipnya belum paham antara yang steril dengan tidak. topi malah dimasukkan ke meja operasi? menggosok tangan (menyabuni) saat initial wash harusnya dari distal ke proksimal (jangan bolak balik) sama aja menjadi tidak steril! waktu habis baru sampai ke step memakai baju saja.
Download PDF