Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711109

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711109

Station Feedback
KOMUNIKASI lawan bicara sudah diminta dipanggil ibu, kok masih manggil mbak juga? tidak memperkenalkan diri. respon nya disesuaikan apa yang dilakukan lawan bicara ya dek. setelah tau punya 5 anak baru manggil ibu, alhamdulillah diperbaiki :)
PEMERIKSAAN KEKUATAN OTOT sudah cukup bagus, informed consent yang dilakukan bagus. semoga temennya bisa menyontoh. untuk cuci tangannya kok jadi 8 langkah? cukup 6 atau 7 langkah saja ya. untuk penjelasan mengenai sensibilitas sudah OK, namun sebaiknya pasien juga diarahkan untuk menyebutkan regionalnya yang disentuh, tidak hanya kanan dan kiri. untuk periksa nyeri sudah OK. untuk kekuatan otot sudah cukup baik, namun dalam memeriksa tangan juga harusnya diperiksa mengepal dan membuka jari-jari tangan. lainnya sudah cukup baik.ketika memeriksa ekstensi kaki ditahan di lawannya. untuk cuci tangan langsung dilakukan setelah memeriksa, sebelum duduk dan edukasi. lainnya ok
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B tidak melihat adanya kedutan/tics, tidak memastikan telinga tersumbat/tidak sebelum periksa, meriksa pakai garpu tala kok ngetuknya keras sekali? ,pada pemeriksaan n 12 kurang memeriksa lidah (seharusnya tangan pemeriksa memegang di sisi pipi pasien)
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS sudah cukup bagus, informed consent yang dilakukan bagus. semoga temennya bisa menyontoh. untuk cuci tangannya kok jadi 8 langkah? cukup 6 atau 7 langkah saja ya. untuk penjelasan mengenai sensibilitas sudah OK, namun sebaiknya pasien juga diarahkan untuk menyebutkan regionalnya yang disentuh, tidak hanya kanan dan kiri. untuk periksa nyeri sudah OK. untuk kekuatan otot sudah cukup baik, namun dalam memeriksa tangan juga harusnya diperiksa mengepal dan membuka jari-jari tangan. lainnya sudah cukup baik.ketika memeriksa ekstensi kaki ditahan di lawannya. untuk cuci tangan langsung dilakukan setelah memeriksa, sebelum duduk dan edukasi. lainnya ok
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS Sudah bagus, untuk refleks achilles blm terlihat jelas
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI alhamdulillah sudah baik
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR Ic : ok, duduknya saling menyilang ya, jangan ngangkang, amati silia bag sup dan infe juga muara meibom, bila perlu tarik palpebra utk melihat pangkal silia. saat melakukan pemeriksaan konjungtiva palpebra superior terlalu singkat, palpbera tdk dibalik hanya ditarik, sehingga konjungtiva tdk tervisualisasi dan tdk bisa diperiksa. utk konj pal inferior kurang ditarik ke bawah sehingga tdk tervisualisasi dg baik, sklera tdk dilaporkan. pegang instrumen tdk harus dengan tangan akanan agar lbh nyaman. keratoskop plasido : cahaya dari belakang pasien ya, cahaya tdk perlu diputar2, dekat dengan mata yang diperiksa. pemeriksaan iris cahaya dari depan juga juga ya, nilai warna dan adanya darah/pus di ris/penglengketan sekaligus nilai pupilnya. bukan dr samping (dr samping utk liat COA y). iris dalam? apakah mngkn maksudnya COA? COA tdk dialporkan. refleks cahaya pupil sebaiknya dilakukan dengan gerakan berayun, baik langsung maupun tak langsung, shadow tes hasilnya positif atau negatif y.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS sudah cukup bagus, informed consent yang dilakukan bagus. semoga temennya bisa menyontoh. untuk cuci tangannya kok jadi 8 langkah? cukup 6 atau 7 langkah saja ya. untuk penjelasan mengenai sensibilitas sudah OK, namun sebaiknya pasien juga diarahkan untuk menyebutkan regionalnya yang disentuh, tidak hanya kanan dan kiri. untuk periksa nyeri sudah OK. untuk kekuatan otot sudah cukup baik, namun dalam memeriksa tangan juga harusnya diperiksa mengepal dan membuka jari-jari tangan. lainnya sudah cukup baik.ketika memeriksa ekstensi kaki ditahan di lawannya. untuk cuci tangan langsung dilakukan setelah memeriksa, sebelum duduk dan edukasi. lainnya ok
PEMERIKSAAN VISUS sudah benar cara pemeriksaannya. hanya interpretasi belum paham ya de? 6/20 maksudnya apa ya? 2//60 maksudnya apa ya? pasien bisa melihat/membaca pada jarak sekian sedangkan orang normal dapat melihat atau membaca pada jarak sekian.
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI Oke
TEKNIK ASEPTIK Initial washing : sampaikan potong kuku juga selain membersihkan kukunya. Scrubbing : taruh sikat busanya setelah dipakai terakhir lgsg dilepas aja dr tangan jangan ditaruh ke tepi wastafel dengan pelan2, kan cairan bisa turun ke distal lagi nanti.. :)
Download PDF