Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711086

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711086

Station Feedback
KOMUNIKASI di awal langusng menanyakan nama tdk pas ketika bertemu pertama kali.. komunikasi verbal nonverbal oke.. respon verbal non verbal bisa lebih disesuaikan lagi.. untuk verbal bisa utk menggali info lebih lanjut..
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B persiapan alat kurang lengkap, tidak sistematis ada yang kelupaan,n 7 blm lapor hasil inspeksi wajah,N 8, pastikan tidak ada sumbatan telinga sblm uji pendengaran, N 9,10 palatum molle kondisinya saat aah...gmn?, N11 blm memeriksa m trapezius dari belakang pasien, n12 lidah mendorong pipi blm ya,lain2 ok
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS tidak cuci tangan sesudah tindakan (waktu habis), kekuatan otot tangan dan lengan masih kurang benar. tidak melakukan pemeriksaan kekuatan otot kaki (plantar dan dorso fleksi). coba belajar lagi ya dek. untuk kekuatan otot saya rekomendasikan belajar dengan vivid ya
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS refleks fisiologis yang keluar hanya patella sinistra, yang lain refleks tidak muncul. Tidak muncul pada pasien ini bukan kelainan, tetapi letak yang dipukul Susan tidak tepat. selain itu pada pemeriksaan biseps dextra memukulnya pakai tangan kiri. belajar lagi ya San.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI sudah informed consent. cuci tangan, persiapan alat. memakai head lamp dengan lamppu searah glabela tetapi kurang kenceng jadi turun2. sudah px hidung. sudah palpasi sinus, bisa lebih ditekan/diketuk lagi. px rhinoskopi: rhinoskop bisa sedikit diarahkan lurus ke dalam agar visualisasi lebih oke. px tenggorok: paastikan tonsil tampak.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR ic lengkap/ cuci tangan belum 7 langkah di awal pemeriksaan / silia oke/ kulit palpebra hanya hiperemis, yang lain bagaimana?/ lebar rima dan gerakan palpebra belum dilaporkan/ k.p sup jangan hanya diintip, tapi dibuka semua, jangan dijepit dari bulu mata/ laporan konjungtiva bulbi kok tidak ada anemis, sklera interpretasi kurang tepat/ px iris, tidak ada darah bercampur? bentuk sudah tapi warna belum/ coa belum dilaporkanrf firect mata kiri salah tekhniknya, harusnya cahaya jangan disenterkan terus pada mata pasien tapi diberi cahaya tiba2 baru reflek pupil akan jelas terlihat/ px lensa tidak ada kekeruhan, belum interpretasikan positif atau negatif, coa oke/ px cornea oke/ interpretasi akhir salah, kok tidak ada penyempitan lapang pandang/ tampak kasar saaat membuka mata pasien untuk memeriksa konjungtiva bulbi
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS tidak cuci tangan sesudah tindakan
PEMERIKSAAN VISUS informed consent oke, perhatikan jarak pemeriksaan, jarak pemeriksaan tidak pada 5 atau 6 meter, hanya sekitar 4 meter sehingga hasil pemeriksaan tidak akurat dan intepretasi menjadi tidak pas. lebih teliti dan hati2 dalam melakukan pemeriksaan.
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI belajar lagi cara pasang headlamp agar nyaman dan terpasang kencang dikepala dan memudahkan mu dalam memeriksa pasien bukan malah menyulitkan, kalo memasukkan otoskop upayakan ada fiksasi dari tangan yg memegang otoskop dg pipi pasien agar memasukkan lebih hati2 dan pelan2 ya, kalo memasukkan otoskop jangan dalam2x (tidak harus dalam asal posisi dan arahnya benar, membran timpani akan kelihatan), otoskop yg kamu masukkan selalu menyakiti pasien (3x masukkan 3x juga pasien kesakitan, ini berarti teknikmu ada yg salah), sudah disediakan 2 kursi putar utk pemeriksa dan pasien tapi tidak digunakan, malahan kamu periksa dalam posisi berdiri.
TEKNIK ASEPTIK perhatikan ketiak gloving, agar tidak kesulitan ketika memakai sarung tangan, posisikan dengan baik menggunakan korentang saat persiapan alat. trs manajemen waktunya ya...agar sarung tangan dan masker bs dilepas juga -:)
Download PDF