Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711084

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711084

Station Feedback
KOMUNIKASI perkenalan kurang, kurang bisa menorong lawan bicara bercerita, kurang mampu merefleksikan isi cerita lawan bicara
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS B saat informed consent tidak menjelaskan caranya,tidak menyiapkan alat,tidak mencuci tangan setelah dan sebelum pmx, pmx n7 lakukan inspeksi dulu apa ada ketidaksimetrisan atau tidak atau gerakan abnormal pd pasien ,pada pmx n8 tisebelum pmx tidak memastikan apakah telinga pasien tersumbat atau tidak, tidak menanyakan apakah pasien ada kesulitan menelan atau parau pd pmx n 9 dan 10 apalagi yg harus diamati?, belum meakukan pmx nervus 11,sblm pmx n 12 dilakukan apa saja yg perlu diamati dari lidah?,tidak usah terburu2 dalam melakukan pmx,lakukan dengan sistematis spy tidak ada yg terlupa,,belajar lg y dek :)
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS oke
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS secara umum baik, pemeriksaan dilakukan dengan baik, cuci tangannya yang sebelum dilakukan begitu datang terus salaman dll, sebaiknya cuci tangan dilakukan sesaat sebelum pemeriksaan.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI INFORM CONSENT : Oke. PERSIAPAN PASIEN DAN ALAT: Posisi pemeriksaan kurang tepat (posisi kaki pasien berada diantara pemeriksa). Saat inspeksi tidak menggunakan headlamp. Posisi headlamp kurang tepat. HIDUNG LUAR: Tidak menilai adanya massa atau benjolan dan krepitasi. RHINOSKOPI ANTERIOR:Pemeriksaan concha bukan hanya kelihatan/tidak tapi dinilai ada hipertrofi/tidak, polip/tidak. SINUS : Tidak inspeksi regio sinus maksilaris dan frontalis. TENGGOROKAN: Tidak memeriksan mulut bagian luar dan dalam, langsung ke uvula dan tonsil. Faring tidak dievaluasi.
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR pemeriksaan konjungtiva identifikasi ya de... konjungtiva pars palpebra inferior superior konjungtiva bulbi. konj pal pars superior tidak diintip tapi dibalik. sklera tidak diperiksa. kornea, senter tidak digunakan untuk menyinari ke arah keratoskop plasido? pemeriksaan iris... bedakan iris dan kamera okuli anterior. iris warna, kripte... COA disinari dari samping... tapi peemriksa melihat dari depan karena melihat apakah cahaya diteruskan di bagianh medial orbita. dan pada mata normal kan malah dalam? kenapa dangkal? tidak memeriksa kejernihan lensa. suara terlalu pelan...
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS jangan lupa,, sebelum ditusukkan/dipakai utk periksa pasiennya, dicoba dlu ke tangan pemeriksanya yaa..
PEMERIKSAAN VISUS OK, celana berbahan denim, sudah diberikan feedback, kandidat juga melakukan pemeriksaan lapang pandang, padaha tidak diperintahkan :)
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI "Pemeriksaan toynbe dan valsava manuver tidak dilakukan, sebaiknya lebih teliti di dalam melakukan inspeksi telinga luar,sebaiknya menjaga kebersihan alat sebelum, sesudah dan selama tindakan.
TEKNIK ASEPTIK cuci tangan WHO, tidak mengeringkan dengan kain. menggosok sabun saat initial wash sebaiknya tidak arah bolak balik (harus dr distal ke proksimal). sebaiknya melepaskan baju dan handscoonnya tidak secara bersamaan.
Download PDF