Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711054

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711054

Station Feedback
KOMUNIKASI sempat lupa2 skenario. selama berkomunikasi jangan nyender ya dek.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS A buku ischihara bukan buku ischihoro dek.. hehe.. NK 1 : kalau mau ngecek tersumbat apa tdk hidungnya dengan menutup 1 hidung pasien, tangan/jari pemeriksa jangan diam saja, tp coba rasakan hembusan nafas itu dengan jri di depan hidung pasiennya. Dek, berikan isntruksi yang benar diawal, biar pasiennya nggak bingung. Nk 2 : pemeriksaan lapang pandang kenapa pakai syik buat px snellen? lakukan pemeriksaan dengan nyaman, nyaman untuk pasien dan juga nyaman untuk oemeriksanya. emang kenapa saat mengikuti alur warna di ischihara jari pasien tdk boleh menyentuh kertas pd bukunya saat akan mengikuti gerakannya? knp harus ngambang?
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS sudah baik
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS baik
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI bagagimana kondisi faring?
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR konjungtiva gejala namnesis? cara periksa sklera kalo pasien matanya sipit, bantu dengan melebarkan bulbi.. konjungtiva pars palpebra superior ga diintip de, dibalik.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS komunikasi masih perlu dilatih, karena sempat ada kebingungan
PEMERIKSAAN VISUS bisa hitung jari pada jarak 3 meter kok (baru maju 3x ya) visusnya 2/60 ya Dhek. untuk mata kanan sdh benar
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI ketika mempersiapkan alat-alat akan lebih baik jika sambil disebutkan alat apa saja yang akan anda gunakan. pada saat inspeksi, sebutkan apa saja yang seharusnya bisa anda lihat, misalnya: serumen, sekret, tanda peradangan, benjolan, luka, bekas luka, udem, penyempitan canal, corpus alienum, dll, banyak sekali yang bisa anda sebutkan. anda sudah menyebutkan tapi masih minimalis ya. manuver valsava itu menutup hidung dan mulut ya dek, tidak hanya hidung saja, kemudian pasien bukan diminta untuk menghembuskan napas, tapi mengejan dalam kondisi hidung dan mulut tertutup. anda sudah baik sudah menanyakan kontraindikasi ke pasien (apakah ada batuk/pilek). inspeksi lakukan pertama sekali, bukan langsung palpasi ya. inspeksi tidak hanya pada saat menggunakan spekulum telinga dan otoskop saja, tapi ketika hanya menggunakan senter atau headlamp pertama kali pemeriksaan juga harus anda sebutkan.
TEKNIK ASEPTIK sudah ok
Download PDF