Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711043

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711043

Station Feedback
KOMUNIKASI Anamnesis dangkal banget gak ada yang bisa digali. HP berdering terus kan itu dek, harusnya di persilahkan buka sms atau angkat telpon dulu..
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS Informed consent kurang (tidak menjelaskan cara pmx dan resikonya, tidak memeriksa kemampuan konvergensi pasien,pmx n5 kurang lenkap Belum melakukan pmx motoriknya dan reflek kornea, belum melakukan inspeksi pada wajah pasien (simetrisasi atau gerakan2 lain), belum memastikan apakah ada sumbatan pada telinga pasien, pemeriksaan n 9 dan 10 apa hanya ditanyakan nyeri telan dan suara parau saja dek?coba baca lg d buku panduan apa saja yg harus diperiksa, setiap pemeriksaan sebutkan hasil pemeriksaan dengan tepat y jangan hanya baik atau buruknya tp jg apa yg km lihat dan periksa, usahakan selalu gunakan isyarat verbal saat akan melakukan tindakan,tidak melakukan persiapan alat jadi pemeriksaan banyak yang terlewat.
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS saat px.kekeuatan lengan tidak memeriksa/ditahan ototo trisep, kekuatan otot paha seharusna ditahan m.biseps femorisnya ya,,,saat px ekstremitas inferior tangan juga kurang menahansebaiknya selalu dr distal ke proksimal
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS Cara memukul palu masih kaku. Tidak mendapatkan posisi tendo patela dan achiles yg tepat. Tidak berhasil memunculkan reflek keduanya. Reflek biceps dan triceps jg lemah/tdk nyata.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI minta pasien menyebutkan A A saat pemeriksaan uvula..lakukan cuci tangan kembali setelah pemeriksaan
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR pemeriksaan keratoskop terbalik, bagian yg bergaris2 menghadap dokter, intepretasi keratoskop keliru, dikatakan tidak ada tanda2 astigmatism, senter jg masih di depan pasien. melakukan inspeksi palpebra dan sklera tidak menggunakan senter. kurang sopan thd pasien, meminta bergeser duduknya cuma dg kata2 sini dan nunjuk arah. pemeriksaan direct indirest sambil lalu, tidak dilihat dg baik refleknya.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS px.sensasi nyeri utk sesnsai tumpul tidak jelas, px.diskriminasi sebelumnya pasien dijelaskan harusnya ya...pemeriksaan tidak hanya ditangan ya, sepanjang lengan
PEMERIKSAAN VISUS OD 6/60, OS 6/20. pada pemeriksaan visus, pasien harus melepaskan kacamata yang ia pakai ya dek. kamu lupa ya untuk meminta pasien melepaskan kacamatanya. fatal ya. hasil px yang benar: OD 4/60, OS 6/30. saya memang sengaja tidak memberitahumu karena khawatir kamu bisa mentally down di station berikutnya. good luck ya!
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI valsava manuver sdh dilakukan, toynbee jg sdh dilakukan. over all sdh cukup baik,hanya saja diawal sempat keliru pegang otoskopnya, lalu dibenarkan sendiri dengan posisi yg seharunya.
TEKNIK ASEPTIK cuci tangan sabunnya agak dibanyakin ya. sarung tangan jangan ditaruh diatas baju operasi. sabunnya kok ngirit banget ya. belum gowning kok sdh gloving. ulang. waktu habis.
Download PDF