Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711012

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711012

Station Feedback
KOMUNIKASI Closingnya gimana kok cuma bilang "eh nomer kamu dipanggil tuh.." langsung pergi.. :( HP berdering terus kan itu dek, harusnya di persilahkan buka sms atau angkat telpon dulu.
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS Tidak melakukan persiapan alat, tidak melakukan inspeksi pantulan cahaya pada kornea,tidak menilai nistagmus dan kemampuan konvergensi,pemeriksaan motorik n5 apa yg dinilai dek?knp tdk dilaporkan?,tidak melakukan ispeksi pada wajah pasien (ada ketidaksimetrisan atau gerakan lain?),tidak memastikan apakah ada sumbatan pada telinga pasien, pemeriksaan n9,10 apa hanya uvula saja yg dinilai?ap bisa dilihat tanpa senter?, tidak merangsang reflek muntah, melakukan tindakan kurang hati2,usahakan selalu memberi isyarat verbal pada pasien sblm tindakan y dek, dan jangan lupa selalu melaporkan hasil pmxnya (apa yg km amati dan periksa) bukan hanya bagus tidaknya saja.
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS px.tangan saat bersalaman jangan hanya diperintah bersaaman saja, tapi yang paling kuat ya, utk lengan tdk menahan trisep,,,,utk periksa selalu dr distal ke proksimal ya..
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS Komunikasi masih kaku, blm terlalu lihat emaptinya. Bisep dan achiles tdk terlihat nyata kontraksinya. Achiles krg dorsofleksi posisinya.
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI fokuskan cahaya headlamp terlebiih dahulu..
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR melihat sklera dan konjungtiva tidak menggunakan senter. bbrp kali kalimat instruksi terputus, shg pasien krg jelas mendengar instruksi. melihat kamera okuli dalam dan iris, memakai lampu oftalmoskop. reflek pupil sambil lalu tidak dilihat indirect. melihat lensa menggunakan lampu senter dg sudut oblik di samping pasien, sinar jatuh tidak tepat di mata, namun di pre aurikular. terlihat bbrp kali agak bingung. menggunakan cottonbud utk membuka palpebra, namun cottonbud diambil dari saku jas, tidak bisa dipastikan kebersihannya, cotton bud dibuang begitu saja di lantai setelah pemeriksaan selesai
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS tdk mencob alat ke pemeriksa, tdk periksa diskriminasi 2 titik...lainnya baik
PEMERIKSAAN VISUS OD 4/60 OS 6/20, anda tampak kebingungan sekali dalam melakukan pemeriksaan. biasakan memeriksa mata kanan dahulu ya dek, sehingga yang kamu tutup mata kiri pasien. jika konsisten seperti itu maka anda tidak akan bingung. hasil px OS yang kamu sebutkan salah ya, yang betul 6/30, hasil visus adalah baris terakhir dimana pasien bisa membaca dengan benar. good luck!
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI oke, over all sdh baik.
TEKNIK ASEPTIK tidak pakai topi dan masker. inisial washing sabunnya banyakin jangan terlalu ngirit. baju operasinya jangan disentuhkan apapun. pakai sarung tangan jangan ngluntung banget.
Download PDF