Sistem Nilai Ujian OSCE - 17711008

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2017/2018

22 Januari 2018

17711008

Station Feedback
KOMUNIKASI ok, baik sekali Dinda :)
PEMERIKSAAN NERVUS CRANIALIS A NK 1 : Bau yang diciumkan kanan dan kiri sama donk.. masa kanan disuru nyium 4, kiri diusuru nyium 2 aja (sabun dan kopi). NK 2 : visus oke. pemeriksaan lapang pandang : jangan dibatasi dengan meja dek, tarik kursinya berhadapan dari awal, tanpa meja, agar segala penjuru mata angin saat pemeriksaan lapang pandang terlihat jelas smua..(akhirnya diulang dr awal dengan menarik kursi.. sipp). NK 3,4,6 : cardinal hazenya jangan terlalu cepat banget dek.. NK 5 : sensoris : dengan menggunakan tusuk gigi, di test dulu di kulit kita sndiri dek, yang pakai kapas juga harus dicoba dlu ke kulit pemeriksa. bukan dicobanya ke kulit pasiennya. tujuannya, agar bisa merasakan sbrapa dalam tusukan yang sdh bisa menimbulkan respon pd sensorisnya (anggap sensoris kita normal).
PEMERIKSAAN OTOT EKSTREMITAS percaya diri baik. pemeriksaan kekuatan otot sebaiknya betul2 ditahan. nilai kekuatan otot 5 adalah beban berat, bukan ringan.
PEMERIKSAAN REFLEKS FISIOLOGIS cara pendekatan komunikasi dengan pasien bagus. pertahankan!. prosedur lengkap. tehnik ayun dan pukul perlu lebih dibiasakan.overall bagus
PEMERIKSAAN RHINOSKOPI memegang spekulum kurang tepat, peemriksaan sinus kurang
PEMERIKSAAN SEGMEN ANTERIOR pemeriksaan iris bedakan dngan pemeriksaan kamera okuli anterior... apa yang dilihat dan dilaporkan. pemeriksaan kornea, janglaha pasien dilibatkan untuk memegang senter, dokter bisa kok memegangnya sendiri.
PEMERIKSAAN SENSIBILITAS keseluruhan baik
PEMERIKSAAN VISUS "utk visus hitung jari narasikan jarak setiap maju ya, (seharusnya maju tiap 1 mtr) lain2 sdh OK
PX TELINGA LUAR & OTOTSKOPI komunikasi dengan pasien sangat baik, memperhatikan kenyamanan pasien juga dan hal ini bagus sekali. px yang dilakukan (inspeksi dan palpasi) juga sudah runtut. namun sayang pada pemeriksaan manuver valsava lupa menanyakan kontraindikasi pada pasien (ada batuk atau pilek), hal ini fatal.
TEKNIK ASEPTIK tidak memakai topi operasi, persiapan alat tidak aseptik dan kurang rapi, topi operasi dipakai setelah scrabing, on karena tangan menyentuk jilbab dan masker. on >3x
Download PDF