Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711159

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2017/2018

09 Januari 2018

16711159

Station Feedback
DARAH RUTIN HB Tidak membaca basmalah/ saat pemeriksaan Hb darah di tabung tidak di aduk atau dkocok dengan cara nenghisap/ tidak menyebutkan menunggu 1-2 mnt untuk lisis eritrosit/ warna Hb tidak sama persis dengan tabung komparator/
DARAH RUTIN HMT Tidak membaca basmalah/
INJEKSI INTRAVENA tidak melakukan palpasi area yang akan disuntik, menusukkan jarum tidak 90derajat, tidak meregangkan kulit yang akan disuntikkan. Kurang hati-hati dalam melakukan tindakan.
KOMUNIKASI menjalin sambung rasa ok, namun dalam menggali terkesan kurang netral ada pertanyaan yang terkesan memvonis misal" mbaknya jajan sembarangan ya"?. Penggalian keluhan utama kurang mendalam, seperti karakter demam, hal yang memperberat ,anamnesis istem kurang lengkap seperti urogenital, integumentum dan muskuloskeletal blm ditanyakan.
PEMASANGAN INFUS tidak cuci tangan selesai tindakan, cara insersi kateter intravena salah ( tidak meregangkan kulit, kanul tidak masuk sampai pangkal, tidak mengecek cairan infus apakah sudah masuk?) jadi saat fiksasi kanulnya difiksasi ke plester, perhitungannya salah, dan tidak diatur diinfus tetesannya.
PENGECATAN GRAM tidak memakai masker. ditengah proses ingat baru pakai. waktu habis pengecatan belum selesai ( preparat belum jadi). lebih cepet dikit kerjanya.
PUNGSI VENA saat mempersiapkan alat, hanya meyebutkan 8 dari 11 alat yg seharusnya disebutkan; vsetelah memasang torniquet, tidak menyebutkan maksimal lama pemasangan dan kondisi apa harus melepasnya; tidak memastikan jarum spuit kencang, posisi tangan kiri tidak meregangkan kulit saat pungsi; tidak menghomogenisasi darah; tidak memberi identitas pada darah, ini fatal ya; next time lebh teliti dan hati-hati ya
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS oke
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN GIEMSA Apusan tipis sudah okei. Apusan tebalnya lupa dicek di atas tulisan dan di tengah apusannya ada gelembung udara. Pengecatan yg tebal harusnya larutan penyangga dibuang ke sisi aja. Lainnya sudah okei.
Download PDF