Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711081

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2017/2018

09 Januari 2018

16711081

Station Feedback
DARAH RUTIN HB tidak menunggu lisis eritrosit 1-2 menit,warna pengenceran tidak sama,pembacaan hasil kurang tepat
DARAH RUTIN HMT sudah baik
INJEKSI INTRAVENA oke good
KOMUNIKASI tidak menggali diare lendri darah utk membedakan jenis diarenya
PEMASANGAN INFUS Mestinya ketika darah sudah mengalir di dalam abocath, sebelum dipasang infus, infus set didekatkan, sehingga darah tidak ke maana mana, fiksasi rapi, bagus,, komunikasi pada pasien saat tindakan berlangusng itu penting dilakukan, finishing mestinya dilakukan juga mengatur tetesan langsung pada pasein, finishing(hirungan cairan tidak dilakukan)
PENGECATAN GRAM mengambil spesimen kok osenya masih panas?, tidak melakukan proses mengeringkan di rak miring (minimal diucapkan lah)
PUNGSI VENA secara umum sudah OK, untuk langkah cuci tangan yang sekarang 6 langkah . boleh 7 langkah namun tetap tidak ada mengusap punggung tangan di akhir sesi. Untuk persiapan kurang lengkap, ada bengkok, tabung, kapas, alkohol, yang belum disiapkan. untuk nyiapin plester juga lebih enak kalau nggak pakai sarung tangan. untuk spuit sebaiknya dibuka penutup jarumnya di dekat pasien saja, jangan di meja karena kalau masih ngapa-ngapain jadi bahaya kecocok tangan. untuk pengambilan darahnya sudah OK. namun teknik penusukan kurang aman. seharusnya posisi jari telunjuk berada di bawah spuit, bukan di atas spuit (lege artis). ketika akan menusuk sebaiknya tetap menggenggam jadinya pembuluh darah masih besar. untuk memasang torniquet sebaiknya disampaikan bahwa pemasangan sekitar 2-5 menit. cara memasukkan darah dari spuit sebetulnya tidak boleh langsung disuntikkan tapi dibuka dilepas dulu jarumnya baru dialirkan. teknik lain sudah OK, sudah mengajak komunikasi dengan pasien juga. OK
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS Sebaiknya menyampaikan rencana selanjutnya (rujukan/konsultasi) terkait hasil pemeriksaan GCS. Untuk menilai motoris sebaiknya juga memberikan rangsang sentuhan atau nyeri pada ekstremitas.
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN GIEMSA cukup baik. Hasil apusan kurang baik
Download PDF