Sistem Nilai Ujian OSCE - 16711080

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2017/2018

09 Januari 2018

16711080

Station Feedback
DARAH RUTIN HB persiapan alat tidak lengkap,cara memasukkan spesimen terlalu cepat,masih ada sisa di dalam pipet, tidak mencampur atau mengocok spesimen dengan pelarut,tidak menunggu lisis eritrosit,warna larutan tidak sama,pembacaan hasil kurang tepat
DARAH RUTIN HMT pemeriksaan tidak se;lesai tidak bisa dinilai
INJEKSI INTRAVENA lupa cuci tangan dan pakai sarung.. posisi suntikan terlalu ke lateral, blm diaspirasi
KOMUNIKASI kurang dikejar diarenya dan dehidrasinya
PEMASANGAN INFUS Informed concent kepada pasien terkait tindakan sebaiknya jelas, kerapian dalam pemasanagan infus perlu ditingkatkan, darah yang ke mana2 kurang baik,,, proses pemasangan infus ke abocath semua sebaiknya disiapkan dengan baik,, agar jarum tidak banyak bergerak..
PENGECATAN GRAM oke cukuo
PUNGSI VENA secara umum sudah OK, untuk langkah cuci tangan yang sekarang 6 langkah . boleh 7 langkah. coba dibaca panduan cuci tangan WHO. Tetap tidak ada mengusap punggung tangan di akhir sesi. Untuk persiapan ndak dilakukan. seharusnya alat disiapkan sehingga pasien merasa aman dan memang aman. jangan lupa pakai sarung tangan.untuk spuit sebaiknya dibuka penutup jarumnya di dekat pasien saja, jangan di meja karena kalau masih ngapa-ngapain jadi bahaya kecocok tangan. untuk menusuk sebaiknya pakai jarum yang kecil aja, spuit 3 cc. pengambilan darahnya sudah OK. namun teknik penusukan kurang aman. seharusnya posisi jari telunjuk berada di bawah spuit, bukan di atas spuit (lege artis). untuk memasang torniquet sebaiknya setelah memastikan vena dan ditaruh sekitar 4 jari . juga disampaikan bahwa pemasangan sekitar 2-5 menit. cara memasukkan darah dari spuit sudah betul dibuka dilepas dulu jarumnya namun harus dialirkan ke dinding, bukan disemprot. teknik lain sudah OK, sudah mengajak komunikasi dengan pasien juga. jangan lupa cuci tangan sesudah tindakan.
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS Cukup baik, hanya saja dalam memeriksa. Pada pemeriksaan motorik, sebaiknya juga dilakukan rangsang nyeri pada ekstremitas untuk melihat gerakan ekstremitas bila ada. Lakukan informed consent pemeriksaan untuk keluarganya. Belum ada rencana konsultasi/rujukan.
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN GIEMSA Lupa menyebutkan alat dan bahan. tidak menjaga kebersihan (meletakkan pipet darah habis digunakan di meja begitu saja). Lupa memberi identitas preparat.
Download PDF