Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711206

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2016/2017

10 Januari 2017

15711206

Station Feedback
DARAH RUTIN (HB) sudah menyiapkan alat tetapi belum mengecek apakah bersih. HCL sudah sampai tanda 2. darah diambil melebihi tanda 20, dilap sambil posisi tabung tegak, setelah dilap darah mnjadi di bawah garis sedikit. sebaiknya tabung dilap dalam posisi mendatar agar darah tidak banyak keluar. sewaktu memasukkan darah ke tabug pengencer, pastikan tidak ada darah yang tersisa. pengenceran terlalu encer. pembacaan kurang detail 1 setrip=0,2
DARAH RUTIN (HMT) waktu habis baru sampai meletakkan di sntrifus
INJEKSI INTRAVENA persiapan alat kurang lengkap, tidak disenfeksi vial dengan alkohol, tidak melakukan aspirasi
KOMUNIKASI DIAWAL2 KOK TANYA NO RM KE PS? USAHAKAN JGN TEGANG DEK. POLA/KARAKTERISTIK DEMAM DITANYA DG JELAS. KOK DEMAM SPT DIGIGIT SEMUT/DITINDIH BANTAL DEK?. JGN MENGINTEROGASI YA. AX SISTEM DITANYA MINIMAL 6-7 ORGAN NAMUN INGAT RELEVANSINYA DG KEMUNGKINAN DD YA DEK.
PEMASANGAN INFUS kurang memperhatikan sterilitas, cara insersi kateter vena masih blm benar. tidak menunggu desinfeksi sampai kering. tidak melonggarkan pengontrol tetesan. kehabisan waktu.
PENGECATAN GRAM/ZN Tidak mengucap bismillah, alat yang disiapkan kurang lengkap, cara memegang dan mensterilkan ose belum benar, tidak perlu dimasukkan ke pasir alkohol (kacau dengan ZN), bingung cari gram, ngecat gram D waktu habis. Tidak disampaikan mengeringkan di suhu ruang.
PUNGSI VENA persiapan alat kurang, bagaimana cara mempersebsar vena? cara desinfeksi salah, desinfeksi juga jangan menggunakan alkohol untuk cuci tangan, gunakanlah alkohol untuk desinfeksi yg sudah disediakan, teknik punksi dipelajari lagi, mulai dari cara pegang spuit, memfiksasi, sudutnya, dst,
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS px GCS interpretasi verbal kurang tepat, tehnik px hoffman tromner kurang tepat
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN WRIGHT - GIEMSA Homogenisasi darah dulu ya. Label dengan kertas sebaiknya setelah pengecatan selesai. kalau label kertas kena cat tulisan tidak terbaca. Kalau sebelum pengecatan pemberian label bisa dengan spidol permanen atau dengan pensil kaca di bagian kepala apusan darah. Meneteskan darah terlalu banyak, apusan terlalu tebal.
Download PDF