Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711186

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2016/2017

10 Januari 2017

15711186

Station Feedback
DARAH RUTIN (HB)
DARAH RUTIN (HMT)
INJEKSI INTRAVENA Siapkan alat dgn menyebutkan alat-alat selengkap mungkin. Sudah berusaha membuang sisa udara, namun ketika mengganti jarum lupa untuk mendorong obat hingga ujung. Memilih regio injeksi perhatikan pula kondisi kulit, adakah memar, luka, nyeri, dkk. Saat menusukkan jarum, gunakan tangan kiri (ibu jari dan telunjuk untk meregangkan kulit). Saat menyuntikkan aspirasi terlebih dahulu.
KOMUNIKASI Overall baik, sudah menunjukkan perilaku profesional layaknya dokter. yang perlu diperhatikan, pada pasien muslim jangan ragu untuk mengucapkan salam karena itu yang diajarkan Rasul. Dalam anamnesis harus ada tujuan klinis bertanya, jadi tidak sekedar tanya. Respon verbal dan non verbal sudah sesuai. Akan tetapi seperti belum ada kenyamanan. Panggil nama pasien akan membantu menciptakan kenyamanan dan kepercayaan. Pasien masih menunjukkan adanya jarak dengan dokter mungkin karena Dokter tidak memancing ketertarikan pasien. Dokter boleh bertanya yang memancing ingin tahu pasien semisal :" Apakah mbak tahu mengenai alergi?" dengan begitu pasien akan tertarik. Gunakan trik ini. Jangan lupa dalam anamnesis harus sistematis mulai dari RPS, RPD, sosial lingkungan dengan begitu akan tergali semua. RPD tanyakan mengenai riwayat atopi karena sangat berhubungan dengan alergi. Identifikasi kemungkinan diagnosis di awal anamnesis akan membantu dalam penggalian. Gunakan informasi yang ada sebagai bahan penggalian. Jangan terpaku pada hanya melengkapi identitas tapi gunakan informasi tersebut.
PEMASANGAN INFUS memasukkan infus set ke dalam botol infus dg posisi botol infus sdh terpasang di holder. cara memepersiapkan infusset masuk ke dalam kateter sdh tepat.
PENGECATAN GRAM/ZN kurang sistematis, penggunaan APD sebaiknya dilakukan di awal
PUNGSI VENA persiapan kurang tertib, memasang tourniquet kurang kencang. menulis tabel jangan hanya tanggalnya saja ya
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS tdk cuci tangan sebelum dan sesudah px, saat px hofman trommer tangan blm relaks, goresan saat px chaddock terlalu tumpul (pakai karet hammer).
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN WRIGHT - GIEMSA baik
Download PDF