Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711180

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2016/2017

10 Januari 2017

15711180

Station Feedback
DARAH RUTIN (HB) sisa darah masih tersisa di mikropipetnya.. dibersihkan lagi ya pake hclnya..biar masuk smua ke dlm tabung bacanya. hasil kurang tepat, proses diawal kurang maksimal sehingga darahnya kurang dan pengenceran kurang sedkit krn cenderung msh lbh gelap dr komparatornya :)
DARAH RUTIN (HMT) kebanyakan darahnya yg diambil ke dalam mikropipetnya.. klo kepenuhan saat di sentrifuse bisa luber darahnya :) hasil pembacaannya keliru dek.. yg benar adalah 40 bukan 34 :)
INJEKSI INTRAVENA Siapkan alat dgn menyebutkan selngkap2nya. Setelah mengganti ujung jarum, jgn lupa membuang sisa udara. Stlh memilih regio, pastikan kondisi kulit dgn mempalpasi dan inspeksi.Stlh mendesinfeksi tgg dl hingga kering. Saat menusukkan jarum gunakan tgn kiri untk membantu regangkan kulit.
KOMUNIKASI Fatihah sudah bagus sudah mencoba untuk menanyakan kondisi pasien. Juga sudah melakukan resume anamnesis. Akan tetapi belum memberikan respon non verbal yang sesuai. Ekspresi belum menunjukkan kepedulian, terkesan hanya sekedar bertanya/ ingin tahu. Dalam profesi dokter harus dibedakan antara anamnesis dengan bertanya biasa. Dalam anamnesis ada kepedulian dan memiliki tujuan klinis yang dicapai. Anamnesis sebaiknya sistematis dimulai dari RPS (OLDCHART) kemudian berlanjut ke RPD, RPK, dst. Tujuannya adalah tidak ada yang terlewat. Jangan pernah memotong informasi pasien, biarkan pasien menyelesaikan kalimatnya dulu. Jangan hanya berfokus pada menulis, namun berikan perhatian yang cukup ada pasien. Coba pelajari teknik note taking yang tepat sehingga tidak terkesan demikian. Sampaikan diagnosis kegawatan dengan ekspresi yang tepat, semisal dengan mempercepat artikulasi. Dengan begitu informasi akan dianggap penting oleh pasien.
PEMASANGAN INFUS itu turniket ngga steril ya, jd jangan ditaruh diarea steril// kanula masuk semu dulu ya, baru ditarik mandrin. jangan setelah mandrin keluar canula didorong kedalam,itu sebagian kanula masih ada diluar.setelah menyambung infus set, belum diliat udh lancar alirannya atu blm.
PENGECATAN GRAM/ZN proteksi diri ok. mengambil sediaan okei. cara fiksasi okei. PENGECATAN : Gram A okei, cara membilas good, Gram B ok, Gram C ok, Gram D ok. cara mengeringkan sediaan baik. langkah disinfeksi good.
PUNGSI VENA menusuk 2x, tidak melakukan salah satu cara memperbesar vena, tidak menanyakan identitas di awal, tidak menunggu desinfeksi smp kering,
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS px hofman tromer tangan tdk relaks, px gordon posisi kaki tdk relaks
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN WRIGHT - GIEMSA kurang menyebutkan alat2, lupa menulis identitas diawal
Download PDF