Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711171

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 3 TA 2016/2017

10 Januari 2017

15711171

Station Feedback
DARAH RUTIN (HB) HCL melebihi tanda 2. darah tepat 20 tapi dengan cara yang agak berisiko menguranginya. tabung bersih setelah dmasukkan ke tabung pengencer. belum menunggu 1-2 menit. pengenceran cukup. pembacaan kurang tepat, 1 strip nilainya 0,2
DARAH RUTIN (HMT) pengecekan alat belum semua dicek. pegisian kapiler oke, pembacaan oke
INJEKSI INTRAVENA sudah baik, persiapan alat kurang, komunikasi sudah baik, kencangkan jarum sebelum aspirasi dari vial,
KOMUNIKASI DEK, DEMAM MASA DIKASIH SKALA (KNP GAK DITANYA AJA APAKAH SUDAH DIUKUR DG TERMOMETER)..KAN BUKAN NYERI. POLA DEMAM DAN KARAKTERISIK LAINNYA DR DEMAM HRS KAMU TANYAKAN JUGA->INI POLA DEMAM MALAH PS YG NGASIH KUNCINYA KRN KAMU GAK TANYAKAN. FACTOR RISIKO/ETIOLOGI JUGA GAK DIGALI-->INI DR PASIENNYA YG NGASIH TAU PDHL GAK DITANYA DAN PERTANYAAN GAK NYAMBUNG DG JAWABAN. BIASAKAN SISTEMATIK DAN TDK LOMPAT2 PERTANYAANNYA.
PEMASANGAN INFUS tidak menjelaskan tujuan, cara, dan resiko pada IC.tidk memperhatikan prinsip sterilitas., mengambil pinset yang terdapat pada duk steril dg tangan yang tidak steril. tidak mengisi tabung tetesan dg cairan infus min setengah tabung.tidak menunggu usapan kapas alkohol smp kering.cara insersi kateter vena masih salah. kehabisan waktu
PENGECATAN GRAM/ZN Tidak mengucap bismillah, tdk melakukan proteksi diri dan memberi identitas, sediaan padat namun tidak diberi NaCl/formalin, mengeringkan sediaan terlalu jauh, sudah melakukan pengecatan baru ingat pakai sarung tangan, cat gram A 10-20 detik. Melakukan pengecatan preparat dipegang tidak di taruh di rak, tutup cat jatuh di baskom. Tidak disampaikan mengeringkan di suhu ruang.
PUNGSI VENA seharusnya informed consent dulu, baru persiapan alat, persiapan alat kurang, tidak melakukan cara perbesaran vena dan melaporkan ke evaluator, teknik punksi dipelajari lagi, cara pegang jarum yg benar bagaimana?, harus difiksasi juga saat menusukkan jarum, tidak memasukkan hasil pengambilan darah ke dalam tabung, tidak memberi label identitas pada sample.
REFLEKS PATOLOGIS DAN GCS pemeriksaan GCS kurang cermat. hanya 1interpretasi yang tepat yaitu M.sementara E dan V tidak tepat .lokasi untuk stimulasi nyeri kurang tepat. pemeriksaan reflek dilakukan simetris ya, tidak hanya 1 sisi ekstremitas saja.
SEDIAAN APUS DAN PENGECATAN WRIGHT - GIEMSA Persiapkan alat dulu yang lengkap.. Homogenisasi darah dulu ya supaya sebaran selnya baik dan tidak miss interpretasi. Darah terlalu banyak, apusan terlalu tebal. Kalau pengecatan wright segera dilakukan setelah pembuatan apusan, tidak perlu difiksasi dengan metanol, beda dengan giemsa ya... Cara pegecatannya dibaca lagi ya...keliru dek, cat wright ditunggu berapa lama? perlu buffer tidak?
Download PDF