Sistem Nilai Ujian OSCE - 12711066

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 7 TA 2015/2016

09 Februari 2016

12711066

Station Feedback
IPM 1 pada saat melakukan pemeriksaan fisik sbaiknya pasien berbaring. Perhatikan kenyamanan pasien ya..perlu diperiksa apakah ada darah di hidung dan gusi. pemeriksaan fisik tdk lengkap. pemeriksaan lab perlu diperiksa CT, BT. waktu habis, pasien blm di edukasi mngenai penyakitnya. Diagnosis blm tepat.
IPM 2 periksa nadi nya yg betul, masa ditengah2 gitu jarinya.. cuma px KU dan vital sign, cuci tgn saat px, jgn kelamaan pxnya, diatur yg bner..waktu habis deh..
IPM 3 saat dokter bingung, menunjukkan kebingungan dengan megang2 kepala dan berekspresi bingung. bbrp pertanyaan seputar lingkungan sekitar sdh bagus ditanyakan, namun kesimpulan yg kurang pas. dokter bingung saat mencoba ngobrol namun pasien diam saja, namun sebenarnya banyak simptom yg muncul, namun orientasi dokter thd pemeriksaan psikiatri melulu melalui anamnesis. dx depresi, dd bipolar depresif, sdh tepat. edukasi kalo bisa ortu membuat senang anaknya
IPM 4 px.vital sign belum dilakukan. tanda-tanda fraktur belum dikonfirmasi dengan penguji (terkesan menyimpulkan sendiri). tolong lebih halus lagi memperlakukan tangan pasien saat dibidai (saat membenarkan bidai jangan ditekan2 tangannya, jangan di gerak2 kan secara cepat posisi tangan pasien-sakit). luka dagu mohon ditutup kassa steril dan di plester, sebelumnya dibersihkan dari pasir/kotoran. mohon belajar membuat surat rujukan. edukasi ttg rujukan dan maksud tujuan rujukan belum tersampaikan.
IPM 5 px: tdk periksa ku/vs, tx: polifarmasi (PPI+antiemetik+ tambahan antibiotik 2 macam)
IPM 6 lupa tidak mengunci balon setelah ET terpasang dengan benar dan itu bisa membahayakan pasien, periksa setelah pasang ET itu pake stetoskop ya
IPM 7 px penunjang masih banyak yg blm dimunculkan u/ stroke, kurang memperhatikan knyamanan pasien (lain kali jgn grusa-grusu dan lari2 ya...)
IPM 8 dx : syok hipovolemik e.c. kecelakaan. salah memilih infus set. yg dipilih mikroset. perhatikan bagian2 mana saja yang harus dijaga tetap steril ya dek dr bagian infuset nya dan bagian abocathnya. gelebung udaranya banyak bgt yaa di selang infusnya,,tdk mengisi tabung infus set dengan cairan infus. tidak menghitung tetesan infus per menit brpa tpm yg seharusnya diberikan utk pasien tsb.ini kan sdh IPM, jadi tetap harus menjaga profesionalisme dan komunikasinya juga donk yaa.. kalo infus set sdh dihubungkan dengan kanul abocath yg sdh ditusukkan ke kulit, jangan dilepas tangannya semua dek buat ngambil kasa, cukup 1 tangan aja yg dilepaskan, yg satunya tetap fiksasi dulu dengan tangan. biar ga bergeser2 lagi infusannya.
IPM 9 S Semua usapan seharusnya hanya sekali usapan saja, tadi dila ngajarinnya dua kali ya.niat tayamum seperti itu, hapalin ulang ya. tidak mengingatkan pasien harus menghadap ke kiblat. tidak menjelaskan posisi berbaring yang benar seperti apa, apakah sejajar semua atau harus ada yang lebih tinggi. tidak mengucapkan ayat-ayat sholat fardhu dan rukun sholat. edukasi tidak menjelaskan bahwa sholat bisa dijama' serta cara menjama' bagaimana. tidak mengedukasi pasien untuk selalu berdoa memohon kesembuhan kepada Allah dan mengajarkan doa untuk orang sakit. yang serius kalau didepan pasien, masa sambil lupa2 dan ketawa2 gitu..
IPM 9 T sholat jenazah kalau perempuan harusnya posisi kita sejajar perut ya dila, bukan di dada.
Download PDF