Sistem Nilai Ujian OSCE - 12711005

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 7 TA 2015/2016

09 Februari 2016

12711005

Station Feedback
IPM 1 tidak menilai hemokonsentrasi, diagnosis grade dengue kurang tepat sehingga edukasi rawat inap belum tersampaikan
IPM 2 ANAMNESIS : oke, hanya saat menanyakan RPD/RPK sebaiknya penyakit terkait juga ditanyakan. PEMERIKSAAN FISIK : hanya KU dan VS???. PEMERIKSAAN PENUNJANG : masih kurang, yg benar hanya TG, LDL n HDL. DIAGNOSIS : oke. Edukasi : komplikasi dan makanan yg dianjurkan belum disampaikan.
IPM 3 ax : cara penggalian stressor cukup. diberikan jawaban oleh PS bisa digali lebih jauh lagi.. bisa "dikejar" info yg dibutuhkan. kurang menanyakan gejalaa halusinasi ada tau tdk? riwayat keluarga ada yg menderita hal serupa atau tdk? tanyakan ke bapak pasien, anaknya ini pernah cerita apa gitu misalnya terkait statusnya sebagai janda ini?. px psikiatri periksa ke pasien, meliputi : lihat orientasi orang/waktu/tempat/situasi --> ini diperiksa ke pasiennya beneran, tanyain aja ke pasiennya. proses pikirnya bagaimana,afek nya bagaimana, ada gangguan persepsi tdk?, insight nya gmn? perhatian gmna?. dx: depresi --> buat yg lengkap depresinya depresi apa?ringan/sedang/berat?. dd : bipolar fase depresi, skizofrenia--> dr halusinasinya bgmn? ada riwayat keluarga kah? ada gak dd lain yg bisa lbh pas?. tx: perhatikan kelengkapan penulisan resepnya ya. tulis juga tanggal oenulisan resepnya. obtan yg diberikan amitriptilin. kali pemberiannya tidak tepat, amitriptilin diberikan 8-12 jam dosis terbagi. tambahkan juga dengan salah satu tx antipsikotik.
IPM 4 setelah cuci tangan dulu pakai sarung tangan lakukan pemeriksaan luka : mulai dari inspeksi (nilai jenis luka,ukuran, bersih tidaknya) dan palpasi, u fraktur inspeksi (nilai deformitas, edema, hematom, ada luka terbuka tidak), palpasi (nyeri dan krepitasi) dan cek ada keterbatasan gerak secara pasif/aktif, selesai membidai janganlupa dicek kekencangan dsb supaya tidak terjadi sindromkompartemen ya, u dagu dibersihkan dulu baru dibalut yakrn klo ga bersih justru mudah infeksi --> lama penyembuhannya, edukasi selain rujuk sampaikan gejala sindrom kompartemen ke pasien supayalebih wasapada jika gejala itu muncul
IPM 5 Ax oke. pemeriksaanabdomen bagus. KU dan vital signa? amoksisilin 2 kali sehrai?
IPM 6 Cuci tangan dan pemasangan sarung tangan seharusnya dilakukan sebelum pemeriksaan fisik (untuk proteksi). jika perlu menggunakan masker. Pemeriksaan GCS masih belum tepat interpretasinya. Pemeriksaan ABC baik. Pemasangan ET: jeda antara oksigenasi awal dengan pemasangan jangan terlalu lama (jadi persiapan alat diawal sebelum oksigenasi). persiapan alat jangan terlalu lama. Jika > 30detik ET belum terpasang harus oksigenasi ulang hingga sianosis hilang (penting ini). Setelah masuk.. kunci terlebih dahulu baru dicek apakah masuk ke lambung atau paru
IPM 7 anamnesis cukup efektif, anda hanya melakukan px TD untuk VS itupun dilakukan setelah px reflreks mestinya di awal, tidak melakukan px GCS diawal, anda periksa di akhir px, anda hanya mengusulkan penunjang profillipid danGDs mesinya usulkan ct scan dan darah rutin, dd sudah benar, komunikasi dan edukasi sebenarnya sudah baik.
IPM 8 Dx sudah benar. Tatalaksana lain selain pasang infus pada syok hipovolemik apa?? Teknik pemasangan infus secara umum sudah baik, tapi .... kamu bilangnya pake makro tapi yg digunakan infus set mikro (ini pasien syok kan??? ngga aka terkejar kebutuhan cairannya kalo yg dipakai mikro.. bgmn cara membedakan infus set makro mikro, dan transfusi set?), fiksasinya kurang kuat dan kurang rapi. perhitungan kebutuhan cairan tidak tepat (4400 cc dalam 24 jam?? silakan baca lagi tatalaksana syok di ATLS yaa).
IPM 9 S menyampaikan ke pasien cara bertayamum, tapi kurang jelas, dan tdk mempraktekkan. jangan lupa saat tayamum harus didahului dgn niat.. saat menuntun sholat, tdk menyampaikan untuk menhadap kiblat, tdk mengajarkan bagaimana rukuk dan sujud, rukun sholat dan bacaan sholat sama seperti dlm keadaan sehat. saat edukasi, tdk menyampaikan tentang menjamak sholat, doa untuk org sakit kurang lancar, beberapa penggalan masih belum benar.
IPM 9 T saat sholat jenazah mengucapkan niat, tapi dk lengkap.
Download PDF