Sistem Nilai Ujian OSCE - 13711118

FEEDBACK OSCE REMEDIASI 1 KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2015/2016

05 Februari 2016

13711118

Station Feedback
AKDR / IPLANT ga periksa dalam dulu? habis pasang spekulum desinfeksi vagina. alat akdr siapkan dulu di awal setelah pemeriksaan bimanual tidak ada kontraindikasi dengan memasang leher pada alat akdr. sehingga, pasien tidak terlalu lama menunggu sudah dispekulum belum disiapkan alatnya. sarung tangan juga harus steril setelah pemeriksaan bimanual dan memasang leher akdr, ganti sarung tangan, karena risiko anda memasukkan infeksi ke dalam rahim ibu jadi besar. memasang sonde uterus di bawah cunam, dengan cara mengangkat coenam porsio, demikian juga memasang akdr harus dengan mengangkat coenam porsio. menggunting benang, sebelum semua lepas, klem dulu baru digunting.
ANC ax: tanyakan riwayat kehamilan saat ini bagaimana ya. sudah diperiksakan? dan bagaimana hasilnya?tdk periksa antropometri. cara tahu TFU ya diraba dulu, teraba atau tdk TFUnya, kl teraba baru diukur. tdk menentukan pemeriksaan penunjang. diagnosis, usia kehamilan sudah benar. namun benarkah hiperemesis gravidarum?tdk melakukan edukasi dan blm menulis resep.waktu terlalu lama di anamnesis, krn beberapa pertanyaannya sbnrnya kurang relevan, tdk perlu ditanyakan.
GYN anamnesis kurang menggali tentang kebiasaan pasien yang akan menjadi point penting dalam edukasi - palpasi vulva dan kelenjar bartolini tidak dilakukan - sebelum swab di inspeksi dulu, setelah selesai pemeriksaan sebaiknya vagina didesinfeksi - diagnosis benar - komunikasi dan edukasi oke
KONSELING KB anamnesis: hanya menanyakan punya anak dan menyusui, riwayat KB, riwayat pernikahan saja/KB alami : subur itu 3 hr sebelum ovulasi sd 3 hari setelah ovulasi ya/Kb alami yang lain: LAM. kondom: kelebihan belum dijelaskan secara lengkap/hormonal implant: kelebihan dan kekurangan belum dijelaskan/pil: ada 2 macam pil, jelaskan semua ya, efek samping pil? kelebihan?/suntik: suntik itu 1 bulan dan 3 bulan (tdk ada yg 6 bulan), kelebihannya apa? kekurangan sudah disebutkan/AKDR: perlu dijelaskan cara pemasangan, kelebihan ? efek samping yang lain, misal: flek, infeksi, menstruasi yang memanjang/KB mantap kurang tepat pada pasien karena masih usia subur, anak baru 1/Tujuan KB pasien adalah untuk penundaan, perlu dijelaskan juga efek kontrasepsi pada kesuburan (mana yang bisa langsung subur/tdk)/jelaskan kapan pasien harus kembali
PEDIATRIK 1 dx : meningitis dd: ensefalitis, KDK. ada dd yg lain utk menggantikan KDK nya, parasetamol, seftriaxon, infus RL. tx profilaksis kejangnya perlu nggakk? prinsip breaking bad news nya masih kurang. lain2nya sdh baik.
PEDIATRIK 2 peristaltik periksanya pake stetoskop ya. tdk auskultasi thorax untuk cari tanda efusi. dd salah(apa dd demam dengue?)
SIRKUMSISI ON 1 memegang lidocaine dengan korentang, tidak tahu nervus yang akan di blok, tidak tepat secara anatomis blokade nervus pudendus. injeksi infiltrasi bisa dari satu titik saat injeksi blokade n.pudendus tidak usah membuat titik injeksi yang baru utk sebelah dorsalnya. jangan memotong preputium arah jam 6 sebelum di jahit dulu. waktu habis belum tuntas jahit dan edukasinya.
Download PDF