Sistem Nilai Ujian OSCE - 13711076

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 5 TA 2015/2016

28 Januari 2016

13711076

Station Feedback
AKDR jangan lupa Informed consent sebelum dilakukan tindakan ya (jenis, tujuan, prosedur dan resiko jika ada), pasiennya disiapkan diminta berkemih dulu, diminta menanggalkan baju bagian bawahnya, AKDR yang masih sama bungkusnya jika diletakkan di duk steril harus jauh dari alat2 yang akan dimasukkan ke ke dalam uterus, setelah desinfeksi jangan lupa pasang duk steril terlebih dahulu, cara memegang sondase masih belum benar
ANC pemeriksaan, cuci tangan WHO, minta ijin ketika membuka selimut.
IMUNISASI jadwal imunisasi sdh tepat, ax awal juga sdh baik. periksa vaksin, cek kadaluarsa obat, hangatkan vaksin tdk dilakukan. ke bayinya juga harus ada komunikasi atau org tuanya. dipegang dulu ya bu,, permisi ya dek,, atau maaf ya dek.. ga main asal coblos yaa walopun itu cuma manekin. efek imunisasinya gmna? demam ngak? instruksi untuk memberikan penurun panas jika demam juga disampaikan ke pengujinya. kapan harus kembali lagi sudah benar.
IPM 1 (GYN) pemilihan spekulum tidak dilakukan, membersihakan vuvva cukup dengan kassa dan air/nacl
IPM 2 (PEDIATRIK 1) ax baru menggali kejangnya/ makan/ bab,bak, bapil/ ax lainnya belum, rpk, rpd, imunisasi, riwayat kelahiran persalinan, imunisasi tumbang belum/ cuma cuci tangan sebelum px. / belum px secara general dari kepala hingga ekstremitas/ dd kurang pas/ terapi sebaikya yang menentukan untuk ranap atau rajan adalah doternya ya/ terapi ok.
IPM 3 (PEDIATRIK 2) Ax: pertanyaan saat anamnesis lebih jelas ya untuk menanyakan gejala lain yg menyertai, bukan hanya menanyakan terus ada keluhan lain?. riwayat pengobatan sebelumnya, riwayat kelahiran, imunisasi, riwayat makanan, tumbuh kembang, lingkungan belum ditanyakan. Px: tdk periksa mata, hidung, faring, tonsil, thorakx dan abdomen. dx: campak. dd: exanthema subitum, rubella. pilihan obat benar, namun dosis, cara pemberian masih keliru, bentuk sediaan juga tdk tepat.
IPM 4 (KASUS SENSITIF) Anamnesis baik, penggunaan pertanyaan terbuka-tertutup baik, riwayat perjalanan penyakitnya hampir semua tergali. Stressor tergali hanya ttg disertasi, padahal sebetulnya yang lebih berat adalah masalah kurang PD, kurang cantik, tekanan dari keluarga untuk segera menikah sebelum menyelesaikan disertasi, sering dijodoh-jodohkan, dsb. Diagnosis : Insomnia benar, dd/ sleep terror dan gg.anxietas benar, bisa ditambahkan depresi (jk tergali stressor lanjutannnya). Edukasi untuk gg.tidur itu harus menekankan ke arah perbaikan kebiasaan tidur dan pola tidur (misal menghindari kopi atau alkohol, jangan tidur siang, bangun dan tidur di jam yg sama, dsb)
KONSELING KB OK
PPN kalau osce dibaca perintahnya ya. tdk cuci tgn hibiscrub.
RESUSITASI NEONATUS Persiapan alat 2 menit. Lupa nyiapkan kain 3 lapis. Sudah melakukan edukasi keluarga. langkah awal 1 menit 30 detik. langkah sudah tepat, posisi sudah tepat. Asistennya sangat lambat (Raihan)
SIRKUMSISI yang dinjeksi nervus pudendus di bagian muskulusnya??? teknik injeksi kurang tepat lokasi dan memasukkan jarumnya yang terlalu dalam hampir setengah panjang jarum. injeksi bagian frenulum belum dilakukan.cara membersihkan belum dibuka sampai kelihatan corona/smegma harus hilang. tidak segera menjahit arah jam 12 setelah memotong dan tidak kontrol perdarahan saat memotong regio yang lain. memotong preputium di regio frenulum lalu melepas klem regio frenulum tanpa dijahit terlebih dahulu (perdarahan pasti timbul banyak). waktu habis, penjahitan belum selesai. belum edukasi dan konsultasi rujukan.
Download PDF