Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711217

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711217

Station Feedback
ASEPTIK korentang dipake buat jepit pembungkus luar hand scoen ini on, zonasi scrubbing kurang baik kadang jadi bolak-balik, cara penggunaan handuk steril kurang tepat yg sudah terpakai terpegang,
KEKUATAN OTOT tahanan yang kamu berikan tidak sesuai dengan otot yang mau diperiksa; misalnya kamu tekan bagian tungkai bawah dan pasien diminta menekuk kaki, itu tidak sesuai; mulailah dari otot perifer.
KOMUNIKASI oke
MULUT posisi pasang headlamp tidak pas di glabela, kendor juga/ tidak palpasi dorsum dan ala serta sinus paranasal/ inspeksi cavum, kurang melaporkan konka yang terlihat, septum nasi/ inspeksi bibir sebaiknya pakai head lamp begitu juga dengan pemeriksaan yang lainnya/ belum mengeksplorasi bagian bawah lidah/ belum melaporkan ondisi faring dan palatum durum/ interpretasi bagian yang diperiksa belum terlalu paham/ gambar kurang informatif/ belum cuci tanga setelah tindakan/
NERVUS CRANIALIS pastikan telinga tidak tersumbat, cek kontraksi m. trapezius lakukan dengan menempelkan tangan di pipi pasien dan menahan gerakan pasien.
REFLEKS FISIOLOGIS Memukul pada semua tendon lebih dari 3 kali baru muncul refleksnya. Cuci tangan belum sesuai kaidah WHO. Tidak membuka baju/celana untuk memeriksa patella.
SEGMEN ANTERIOR memeriksa palpebra tidak menggunakan senter dan lup. Silia tidak ikterik/tumbuh kedalam??palpebra inferior hiperemis? Palpebra yang mana dan konjungtiva yang mana? Tidak memeriksa COA,hanya memeriksa iris. Iris sedikit terhalang itu bagaimana maksudnya? menilai sklera tidak menggunakan senter hanya diterawang begitu saja. memeriksa lensa dan menginterpretasikan COA nya normal dan dalam, apakah benar begitu cara memeriksa nya?
SENSIBILITAS mulailah pemeriksaan dari ujung, dan bandingkan kanan dan kiri sesuai dermatom; pemeriksaan diskriminasi 2 titik, gunakan alat yang disediakan, jangan gunakan jari; pemeriksaan provokasi nyeri tidak dilakukan (ujung kuas tidak menimbulkan nyeri), perintahnya dibaca ya, diminta pemeriksaan sensibilitas di lengan atas, kenapa kamu lakukan di tungkai bawah dan kaki?
TELINGA tidak memakai headlamp saat pemeriksaan, saat memasukkan otoskop lebih pelan2 lagi ya dek
VISUS Informed consent baik. Saat pertama memeriksa visus, lupa menutup salah satu mata. Kenyamanan pasiennya dijaga yaa.. Jangan buka-tutup mata bolak-balik kanan-kiri. Bingung pasiennya. Visus mata kanan salah. Kok 6/ 15??? Kan satu baris itu salah semua???? Saat memeriksa visus mata kiri, kok lambaian tangan dikerjakan pada jarak setengah meter --> kemudian interpretasinya 1/300-->ini artinya apa?? sesuai tidak dengan yang anda kerjakan?? Uji persepsi warna dikerjakan hanya warna merah --> terus kok diinterpretasikan 1/tak hingga??? Belajar lagi yaaa...
Download PDF