Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711196

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711196

Station Feedback
ASEPTIK ON > 3x. saat persiapan beberapa kali menyentuh perangkat steril ( baju dsb). tangan terlibat pada beberapa langkah ON. lupa persiapan sarung tangan.
KEKUATAN OTOT untuk pemeriksaan kekuatan otot, memberikan tahanannya yg bener ya, jangan ngasal, milainya bisa beda; posisi pasien juga harus nyaman; mulailah dari perifer dulu; cuci tangan WHO sesudah pemeriksaan juga dilakukan ya.
KOMUNIKASI komunikasi sudah baik, respon verbal dan non verbal baik.
MULUT "tidak membersihkan spekulum/ tidak memberikan isyarat saat akan memasukkan spekulum, tidak membaca basmalah/ tidak inspeksi hidung, tidak palpasi hidung dan ala, tidak Palasi sinus, tidak menggunakan spekulum dengan benar (spekulum hanya pada bagian luar saja, sehingga konka tidak tampak), tidak melaporkan hasil inspeksi hidung dengan baik, diantaranya warna, lendir, septum nasi dll/

tidak inspeksi bibir, tidak periksa gigi dan gusi, tidak
periksa palatum mole dan durum, dan tidak melaporkan hasil pemeriksaan ukuran tonsil, warna (padahal di pasien ada stomatitisnya), tidak cuci tangan setelah tindakan/ tidak menggambar hasil pemeriksaan sesuai apa yang diperiksa"
NERVUS CRANIALIS tidak memberitahu hasil tiap px dan px apa yg dilakukan (ternyata disimpulkan diakhir), n5 hanya sensoris, px gerakan bola mata kurang tepat pemberian isyarat terlalu sempit kurang lebar
REFLEKS FISIOLOGIS Tidak menjelaskan cara dan risikopemeriksaan, cara pemeriksaan refleks biseps, triseps, patella dan achilles lengan/tungkai tidak relaksasi sempurna, tempat pemukulan juga kurang pas, sehingga refleks tidak muncul. Semua bagian dipukul lebih dari 3 kali pemukulan. Kurang memperhatikan kenyamanan pasien. Memakai istilah dengkul, daripada patella.
SEGMEN ANTERIOR tidak melakukan inspeksi kulit palpebra dan gerakan palpebra. tidak melakukan inspeksi margo palpebra saat periksa silia. saat membalik kelopak mata atas terlalu lama sehingga pasien kurang nyaman. tidak melakukan inspeksi konjungtiva bulbi. tidak melakukan pemeriksaan sklera. tidak ada pembelokan cahaya itu apa ya dek? yg diperiksa apa?
SENSIBILITAS instruksi kepada pasien tidak jelas; pemeriksaan tidak dilakukan dari ujung2 dan membandingkan tidak sesuai dengan dermatom; cuci tangan WHO sesudah pemeriksaan juga dilakukan ya.
TELINGA inspeksi dan kontraindikasi px valsava manuver dan toynbe jangan lupa
VISUS Informed consent good. Persiapan pasien baik. Visus mata kiri 1/300 benar, uji persepsi warna tidak dikerjakan. Visus mata kanan 5/30 benar. Profesionalisme dilatih lagi yaa, jangan terlalu gugup, jangan lupa basmallah-hamdallah.
Download PDF