Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711185

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711185

Station Feedback
ASEPTIK setelah cuci tangan WHO tidak mengeringkan tangan, ON 1x memegang pembungkus handscoon non steril dengan korentang, ON 2x meletakkannya di dok steril, ON 3x mengeluarkan handscoon di dalam pembungkus nya tanpa kehati2an sehingga mengenai pembungkus luar dan hampir kena meja non steril, tapi kesemuanya tidak tahu kesalahannya, betadine belum disiapkan, prinsip gloving mohon dicermati lagi, ON>3x memegang betadine dengan handscoon steril tanpa tahu kesalahannya..
KEKUATAN OTOT cara melakukan tahanan kurang tepat, suruh nglawan tahan di atas, namun bagian bawah disangga, menimbulkan bias. penilaian tidak pake skoring, hanya kuat dan tidak kuat. disuruh menggenggam, tapi tahanan diberikan di dorsal
KOMUNIKASI Komunikasi baik, respon verbal dan non verbal baik, materi kurang, banyak waktu yang tersisa, sebenarnya lawan bicara memiliki beberapa masalah yang bisa dijadikan materi perbincangan.
MULUT headlampnya diarahkan dg tepat, sinusnya dipalpasi aja, nasalnya juga, rhinoskopi anterior tekniknya kurang tepat, px mulutnya juga masih ngaco tekniknya, klo px itu harus tau duu apa yg mau dilihat dan dinilai..latiham lagi!
NERVUS CRANIALIS belum memeriksa jatuhnya cahay pd pupil, belum melakukan tes refleks kornea, belum melakukan px tes rasa, cara pemeriksaan n.8. belum memeriksasimterisitas uvula, palatum mole dsb, , n11 dan 12 belum dilakukan.
REFLEKS FISIOLOGIS refleks bisep, trisep dan achilles tidak muncul (tidak terjadi fleksi ; ekstensi ; plantar fleksi) pemukulan > 2x, saat pemeriksaan refleks achilles pedis harus bebas, cuci tangan setelah pemeriksaan juga
SEGMEN ANTERIOR inspeksi palpebra tdk dilihat keadaan kulit palpebra. tdk periksa kondisi silia. konjungtiva bulbi diperiksa, namun dilaporkan hanya tdk ada kelainan. konjungtiva harus dilihat bulbi, palpebra superior dan inferiornya. pemeriksaan lensa caranya belum benar, seharusnya disinarkan dgn sudut 45 derajat. sinar senter yg diarahkan ke pasien jangan terlalu dekat ya. pada pemeriksaan kornea tdk menggunakan cahaya. cara pemeriksaan dgn keratoskop placido blm benar. pemeriksaan tdk menggunakan headlup.
SENSIBILITAS komunikasi kurang nyaman, situasi tegang.
TELINGA tidak cuci tangan sebelumdan stelah px, pemeriksaan tidak menggunakan headlamp, inspeksi dan palpasi telinga luar masih sangat kurang, pemeriksaan otoskopi : jangan hanya menilai kanalis tapi membran timpani juga(warna, hiperemis tdk, cone of light, intack tidak), tidak melakukan manuver valsava maupun toynbee, rekam medis hanya mneulis identitas (hasilnya mana dek????),secara umum masih banyak yang belum dikerjakan, sisa waktu lebih dari 4 menit.
VISUS tidak menjelaskan cara dan ada tidaknya risiko pada pemeriksaan, tidak secara eksplisit menerangkan jarak. Yang dirubah hurufnya dan gerakan tangan atau pemeriksa maju jika masih belum nampak, bukan pasien yang disuruh maju. tidak membaca basmalah, informasi kepada pasien tidak jelas
Download PDF