Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711183

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711183

Station Feedback
ASEPTIK spuitnya kalo udh selesai dipake taruh dibengkok ya.. minta tolong asistennya biar ga kesulitan lepas tali bajunya..
FISIOLOGIS REFLEKS Pemukulan tendon biseps lebih dari tiga kali dan gerakan refleks tidak jelas. Tendon biseps masih dipukul lagi walaupun sudah tampak refleksnya. Cuci tangan belum sesuai urutan WHO. Belum membaca basmalah.
KOMUNIKASI eye kontak kurang, blocking, pembicaar cuma sebentar, kadang tidak nyambung.tidak antusias
MULUT belum basmalah/ inspeksi hidung cukup baik, kurang palpasi yang dorsum nasi/ posisi pemeriksaan tidak menyilang/ laprang untuk pemeriksaan cavum nasi kurang (warna konka, konka apa yang terlihat, discarge, benda asing, benjolan dan juga dengan septum nasi)/ spekulum sebaiknya dibersihkan sebelum pemeriksaan/ pemeriksaan rongga mulut kurang memanfaatkan spatel lidah untuk mengeksplorasi, seperti lihat mukosa bukal, gusi geligi bagian belakang, terutama yang dekat dengan pipi/ uvula juga seharusnya terlihat seluruh bagian, baru bisa diinterpretasikan ada deviasi atau tidak/ tonsil juga belum dilaporkan ukuran ka/ki serta bagaimana permukaannnya beserta daerah sekitarnya meliputi plika dan faring serta palatum durum/ keterangan gambar sebaiknya lebih informatif sesuai hasil pemeriksaan/
NERVUS CRANIALSIS visus jari tangan terlalu jauh.. lapang pandang teralu jauh, danteknik kurang tepat. px otot mata kurang tepat.pastikan telinga bersih dan tidak tersumbat lihat rongga mulut pakai senter ya... x NXI dari belakang pasien ya.
SEGMEN ANTERIOR saat menjelaskan tujuan jangan pakai istilah kedokteran seperti trikiasis, dll. tidak menjelaskan resiko pemeriksaan. tidak melakukan persiapan alat. tidak melakukan cuci tangan sebelum tindakan. Tidak melakukan inspeksi gerakan palpebra. saat memeriksa kornea arah senter terbalik, kalau memeriksa mata kanan seharusnya senter dari kanan pasien. lensa jernih? cara memeriksa refleks pupil indirek bgmana? tidak melakukan pemeriksaan konjungtiva superior dan bulbi, tetapi diakhir bisa menyimpulkan bagaimana keadaan konjungtiva bulbi, darimana ya? interpretasi pemeriksaan lensa bagaimana? jernih dan tidak ada katarak. tandanya tidak ada katarak apa? tidak ada yang mnghalangi cahaya untuk masuk ke lensa? coba dicari lagi yang benar bagaimana ya. Tidak melakukan pemeriksaan COA dan iris.
SENSIBILITAS inform consent tidak jelas, tujuan pemeriksaan untuk apa? nama pemeriksaan yg akan dilakukan apa? pemeriksaan taktil dan provokasi nyeri jangan digabug2, pasien jadi bingung; pemeriksaan diskriminasi 2 titik tidak dilakukan; bandingkan kanan dan kiri sesuai dermatom, mulailah dari ujung.
TELINGA periksa inspeksi tetep diusahakan duduk menyilang. melakukan pemeriksaan toynbe dan valsava manuver tanpa menanyakan kontraindikasi pada pasien.
VISUS Informed consent bagus. Persiapan pasien oke.Saat mengerjakan pemeriksaan visus, setelah melakukan pemeriksaan dengan snellen chart, kok melakukan hitung jarinya hanya maju 1 kali kemudian langsung ke lambaian tangan? itupun lambaian tangan kamu kerjakan dalam jarak 30 cm dari pasien?? Coba dipelajari lagi yang benar seperti apa yaa... Interpretasi visus benar. Uji proyeksi warna tidak dikerjakan. Komunikasi baik.
Download PDF