Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711182

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711182

Station Feedback
ASEPTIK baju operasinya biarin aja ga usah diuatatik dek.. nanti malah on smua nanti kalo "ngewer2". make bajunya kebalik dek.. kok bingung nyari lengannya? dek.. sentrifugal bersihinnya..
FISIOLOGIS REFLEKS Cuci tangan belum sesuai kaidah WHO, lengan tidak disangga saat pemeriksaan, sehingga kurang relaks dan tidakkeluar refleksnya. Pemukulan tendon lebih dari 3 kali walaupun sudah keluar refleksnya. Masih memukul tendon patella walaupun sudah ada gerakan refleks. Belum membaca basmalah. Pemukulun tendon achilles kurang tepat, terlaluke atas,sehingga refleks tidak muncul, khusunya yang kiri.
KOMUNIKASI oke...membiarkan lawan bicara menyelesaikan pembicaraannya.
MULUT belum basmalah/ posisi tidak menyilang/ inspeksi dan palpasi hidung cukup baik, tapi pada peeriksaan cavum nasi laporan kurang, pasien juga tampak tidak nyaman dengan pemeriksaan yang dilakukan, sebaiknya perhatikan juga kenyamanan pasien/ spekulum jangan ditutup di bagian dalam hidung ya/ pemeriksaan mulut sangat minimalis sekali baik tekhnik maupun pelaporannya/ tonsil bisa diinterpretasikan perbesarannya jika dapat dilihat semua bagiannya/ faring dan palatum durum juga tidak dilaporkan/ keterangan gambar kurang informatif
NERVUS CRANIALSIS lihat rongga mulut pakai senter ya.. px nistagmus sebaiknya berhenti di satu titik untuk melihat nistagmus, pastikan liang telinga tidaktersumbat sebelum periksa NVIII..
SEGMEN ANTERIOR cuci tangan sebelum tindakan tidak sesuai step cuci tangan WHO. saat pemeriksaan silia tidak memeriksa margo palpebra (kutu atau lainnya). Tidak memeriksa dan menginterpretasikan sklera. saat memeriksa iris interpretasi iris dalam, benar seperti itu? COA nya bagaimana? Tidak melakukan pemeriksaan refleks pupil indirek. saat pemeriksaan lensa apa benar yang harus dilihat lensa jernih tidak ada kekeruhan? bukan bayangan iris pada lensa ya? coba pelajari lagi bagaimana cara memeriksa lensa dan interpretasinya.
SENSIBILITAS tujuan pemeriksaan ini apa? cuci tangan WHO bgaimana? pemerksaan taktil dan provokasi nyeri jangan dijadikan satu. pemeriksaan taktil sebaiknya gunakan kuas yg lebih halus atau kapas (sudah disediakan); pemeriksaan dilakukan dimulai dari ujungdan bandingkan sesuai dermatom; baca perintah dengan teliti, diminta periksa hanya di lengan, tidak peru di kaki, diskriminasi 2 titik tidak dilakukan.
TELINGA posisikan duduk menyilang. kelihatankah pemeriksaan membran timpani jika mata tidak mendekat ke otoskop?
VISUS Pada saat informed consent, jangan lupa dijelaskan juga prosedur dan resiko pemeriksaannya yaa. Persiapan pasien okei. Visus mata kanan benar. Visus mata kiri benar. Cara pemeriksaan benar. Uji persepsi warna tidak dikerjakan. Profesionalisme dan komunikasi baik
Download PDF