Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711143

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711143

Station Feedback
KEKUATAN OTOT OK
KOMUNIKASI menyapa di awal nya kurang "gimana" gitu.. :) krn terkesan biasa aja. masih banyak blocking, bingung mau ngomong apa lagi. lawan bicaranya lagi bolak balik lihat hp, coba direspon yaa.. sapatau ada hal yg penting..tanyain utk meyainkan... "misal : ini mei kan?teman satu sma?"untuk mengkonfirmasi identitas..
MULUT posis pasang headlamp terbalik, tidak tepat di glabela juga/ posisi pasien ngangkang seharusnya menyilang ya termasuk saat inspeksi dan palpasi hidung/ pemeriksaan ringga hidung terlalu lama, pasien tampak tidak nyaman/ cahaya tidak fokus karena posisi pasang headlamp terbalik/ apakah benar bisa melihat sampai ke nasofaring? sehingga fenomena palatum mole negatif/ cahaya lampu sangat sering tidak fokus/ tidak mengeksplorasi rongga mulut dengan detai/ belum melaporkan bagaimana kondisi lidah, bawah lidah (warna, bentuk, simetrisitas, papilnya)/ gigi (lubang, karang, karies/ gusi (bengkak, stomatitis)/ mukosa ppi (warna, jamur adakah, stomatitis)/ platum durum)/ keterangan gambar untuk tonsila palatina t2 kurang informatif, yang ditebalkan malah plika tonsilarisnya/ bisa diber keterangan konka apa ang terlihat, warna, gambar bulet2 di dasar hidung yang digambar sebaiknya diberi keterangan itu apa/
NERVUS CRANIALIS memeriksa NXI dari belakangya.. periksa liang telinga dulu ya..
REFLEKS FISIOLOGIS Cuci tangan tidak memenuhi kaidah WHO. Memukul tendon biseps lebih dari 5 kali dan tidak keluar gerakan refleksnya, posisi kurang relaksasi, Tidak jelas refleks triceps kiri. Memukul tendon patella lebih dari 5 kali dan tidak keluar refleksnya. Demikian pula refleks tendon achilles. Kenapa? teknik kurang benar, asien tidak diminta relaksasi atau dialihkan perhatian. Kurang memperhatikan kenyamanan pasien. Refles tidak ditemukan artinya apa? Masih mungkin karena teknik yang keliru, bukan karena penurunan refleks fisiologis.
SEGMEN ANTERIOR memeriksa dengan berdiri seharusnya dudik sejajar dengan pasien. px palpebra gerakan tidak diperiksa. margo palpebra tdk dinilai. konjungtiva hanya dinilai bagian depan, td meminta menarik palpebra superior dan inferior. begitu juga dg sklera. sklera apakah benar tampak kuning? kamera okuli anterior apakah benar terdapat kekeruhan ? arah cahaya saat px lensa tidak tepat. 45 derajat bukan ke atas tapi ke lateral. ada tanda gloukoma ? dari mana ya de?
SENSIBILITAS cobalah dulu alat ke diri sendiri sebelum kepada pasien; pemeriksaan taktil dan provokasi nyeri jangan digabung; kalau provokasi nyeri, tajam dibandingkan dengan tumpul bukan dengan halus;
TEKNIK ASEPTEIK baik
TELINGA cara pegang otoskop salah pada saat memeriksa teling kiri,
VISUS Informed consent okei. Persiapan pasien okei. Visus mata kanan 6/30 benar. Visus mata kiri benar, uji pereepsi warna dikerjakan. Komunikasi dan profesionalisme baik.
Download PDF