Sistem Nilai Ujian OSCE - 15711090

FEEDBACK OSCE KETERAMPILAN MEDIK SEMESTER 1 TA 2015/2016

25 Januari 2016

15711090

Station Feedback
KEKUATAN OTOT lakukan pemeriksaan dimulai dari perifer.
KOMUNIKASI mengkonfirmasi kembali identitasnya ya.. misal : ehhh ini mei kan?betul nggak?mei temn wktu sma itu..?. jangan bilang "turut berduka cita" donk.. malah tambah sedih nanti lawan bicaranya. :) siraman ayat2nya sudah bagus sekali.. sipp... besok kalo udah jadi dokter diaplikasikan ya seperti itu ke pasiennya.. :)
MULUT Inspeksi sebainya memakai headlamp ya dek, isyaallah lebih terang dengan cahaya headlamp/ belum basmalah/ konka media membesar? konka superior terlihat?/ hidung kanan yang dilaporkan hanya konka media yang membesar dan konka inferior (sebaiknya melaporkan kondisi septum nasi, warna konka, ada discarge atau benjolan dll)/ belum inspeksi bibir/ eksplorasi rongga mulut tida maksimal/lampu saat periksa mulut tidak fokus/ tonsil yang t2 yang kanan atau kiri? sebaiknya laporan harus jelas dan informatif/ laporan untuk hasil pemeriksaan rongga mulut kurang, gigi dan gusi belakang (ada stomatitis, warna, bengkak, benjolan, karies, lubang atau karang)/ mukosa bukal bagaimana (warna, ada sariawan, benjolan, dll)/ faring bagaimana, palatum durum bagaimana, lidah dan bawah lidah bagaimana?/ terakhir selain ukuran tonsil kurang menggambarkan permukaan tonsil dan daerah sekitar tonsilnya/ keterangan gambar kurang mencerminkan seperti yang dilaporkan/ di gambar konka inferior dan superior kelihatan tapi konka media tidak kelihatan? tonsik kiri pasien tidak ada keterangannya?
NERVUS CRANIALIS Periksa liang teliga terlebih dahlu. pegang pipi pasien saat periksa XII
REFLEKS FISIOLOGIS Mencuci tangan belum sesuai aturan WHO.Refleks biseps tidak muncul. Kurang relaksasi, perhatian tidak dialihkan, lokasi tendon yang dipukul kurang tepat. Refleks tendon achilles kanan tidak muncul dan memukul lebih dari 3 kali. Interpretasi gerakan normal dikatakan meningkat.
SEGMEN ANTERIOR Informed consent baik, bantu pasien mempersiapkan duduknya ya de. tdk cuci tangan sebelum px. palpebra px tdk lengkap hanya tidak ada penonjolan. silia hanya dinilai pertumbuhannya, margo bagaimana. saat px konjungtiva baik minta lirik kanan kiri, namun belum px area superior dan inferior. baik px konjugtiva superior oke. inferior belum dilakukan. px kornea posisi keratosko terlalu dekat. saat px refleks cukup minta pasien melihat lurus ke depan de. arah sinar saat px kamera oculi anterior blm pada posisi yg tepat, posisi nya dari samping de. iris blm dinilai wana / konsentrisitas.. px lensa ok.
SENSIBILITAS lakukanlah dari tepi dulu dan bandingkan sesuai dengan dermatomnya.
TEKNIK ASEPTEIK persiapan ok. langkah scrubbing durasi kurang lama. ambil handuk terlalu hati2.. menjadi tidak wajar. gowning OK, gloving ok. overall baik.
TELINGA oke
VISUS Informed consent okei. Profesionalisme dilatih lagi yaaa, jangan terlalu gugup, menjelaskan kepada pasien pelan-pelan agar kata-kata dan kalimat tidak membingungkan ,dsb. Visus mata kanan benar. Visus mata kiri habis hitung jari langsung ke senter ya???? Uji persepsi warna dikerjakan.
Download PDF